Volume Perdagangan Bot Telegram Solana Mencapai Rekor US$211 Juta


Ekosistem bot Telegram Solana mencapai tonggak baru kemarin, dengan volume perdagangan mencapai US$211 juta, seperti dilaporkan oleh Dune Analytics.

Bot Trojan memimpin lonjakan ini, mencatatkan volume perdagangan sebesar US$93,7 juta, yang menyumbang hampir 44,4% dari total. Bot ini diluncurkan awal tahun ini sebagai versi yang di-rebrand dari Unibot.

Bot Solana Terus Mendominasi Pasar Perdagangan DEX

Dalam hal volume perdagangan seumur hidup, BonkBot masih memegang porsi terbesar di pasar bot DEX. Volume perdagangan seumur hidup BonkBot saat ini berada di US$8,69 miliar, diikuti oleh Maestro dan Trojan.

Namun, Trojan baru-baru ini mendominasi pasar dalam hal volume mingguan rata-rata. Data dari Dune menunjukkan bahwa volume mingguan Trojan menyumbang 39% dari seluruh perdagangan sektor bot DEX. Ini diikuti oleh BonkBot, yang menyumbang 13,6%.

Baca Juga: Apakah Bot Perdagangan Aset Kripto Berfungsi?

Solana bot
Volume Perdagangan Mingguan Bot DEX | Sumber: Dune

Aktivitas jaringan Solana melonjak ke puncaknya karena Nilai Ekonomi Nyata (REV) — ukuran penting pendapatan blockchain — mencapai rekor US$11,1 juta pada 24 Oktober, kemungkinan didorong oleh lonjakan perdagangan meme coin baru-baru ini.

Sejak 19 Oktober, aktivitas ekonomi Solana secara konsisten mengungguli Ethereum, menandai pergeseran penting di pasar. Selain itu, aktivitas bot DEX di Solana melonjak, dengan volume perdagangan bot harian melonjak hampir 70 kali lipat dalam dua bulan, dari sekitar US$30 juta pada September.

DEX bot
Volume Perdagangan Harian Bot DEX | Sumber: Dune

Momentum perdagangan ini berdampak positif pada SOL, yang naik 15% minggu ini. Selain itu, DEX Raydium Solana baru-baru ini melampaui Ethereum dalam biaya harian yang dikumpulkan. Biaya di Raydium, terutama dari transaksi swap, mencerminkan peningkatan aktivitas di platform tersebut.

Peta likuidasi saat ini mengungkapkan sentimen bullish di antara trader SOL, dengan volume posisi long yang lebih tinggi dibandingkan short. Meskipun optimisme ini sejalan dengan pertumbuhan Solana yang terbaru, ini juga memperkenalkan risiko potensial jika kondisi pasar berubah secara tak terduga.

Baca Juga: Penjelasan ETF Solana – Apa Itu dan Bagaimana Cara Kerjanya

Produk yang diperdagangkan di bursa Solana juga melihat perkembangan penting bulan ini. Raksasa investasi VanEck baru-baru ini memperkenalkan hadiah staking untuk ETN Solana di pasar Eropa. Namun, masa depan ETF Solana di AS masih belum pasti. Baik VanEck maupun 21Shares telah mengajukan aplikasi ETF terpisah, namun keputusan kemungkinan tidak akan keluar sebelum pemilihan mendatang.

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.
Selain itu, sebagian artikel di situs ini merupakan hasil terjemahan AI dari versi asli BeInCrypto yang berbahasa Inggris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *