Toyota Supra dapatkan mesin V-8 untuk balap Australia Supercars


Jakarta (ANTARA) – Toyota tengah mengembangkan Supra yang dilengkapi dengan mesin V-8, tetapi mobil tersebut tidak diperuntukkan di ruang pamer.

Melansir Motor Authority pada Kamis (19/9) waktu setempat, mobil tersebut akan menggemparkan lintasan balap di seluruh Australia sebagai mobil terbaru dalam seri mobil turing Australia Supercars yang populer.

Toyota Supra dikabarkan akan bersaing dengan mobil balap serupa yang dibuat berdasarkan Chevrolet Camaro dan Ford Mustang.

Baca juga: Diluncurkan untuk musim 2025, ini pembaruan GR Supra GT4 EVO2

Seri tersebut, yang sebelumnya dikenal sebagai V8 Supercars, selama bertahun-tahun didominasi oleh Ford dan Holden.

Aturan yang lebih longgar telah memungkinkan lebih banyak merek untuk ikut serta, dan selama bertahun-tahun Mercedes-Benz AMG, Nissan, dan Volvo semuanya telah terwakili.

Toyota pada hari Rabu mengatakan akan mengikuti seri tersebut pada tahun 2026 sebagai bagian dari komitmen lima tahun. Awalnya, Toyota akan mengikuti empat mobil balap GR Supra Supercars yang baru.

Baca juga: Toyota Supra 3.0 Premium 2021 raih dua penghargaan

Dua di antaranya akan dijalankan oleh tim saat ini dan mitra homologasi Walkinshaw Andretti United, dengan pembalap Chaz Mostert dan Ryan Wood.

Tim kedua yang menurunkan dua mobil tambahan akan diputuskan pada pertengahan tahun 2025.

Adapun, tim-tim dalam seri ini menggunakan sasis Gen3 yang umum tetapi dengan bodi, sistem penggerak, dan aerodinamis khusus yang semuanya setara.

Untuk GR Supra Supercars, Toyota telah memilih mesin 2UR-GSE yang telah terbukti, mesin V-8 5.0 liter yang digunakan dalam beberapa kendaraan Toyota dan Lexus, termasuk mobil balap Lexus RC F GT3 yang berkompetisi di FIA World Endurance Championship dan IMSA SportsCar Championship.

Baca juga: BMW Z4 dan Toyota Supra ditarik karena masalah tangki bahan bakar

Toyota mengatakan memenangkan Bathurst 1000, acara puncak kalender Australia Supercars, adalah salah satu targetnya di samping 2024 Hours of Le Mans pada kalender World Endurance Championship dan acara-acara utama serupa pada kalender IMSA SportsCar, FIA World Rally, dan NASCAR.

Secara terpisah, Toyota tengah menggarap mobil balap GT3 baru yang juga diperkirakan akan menggunakan mesin V-8.

Tidak seperti GR Supra Supercars, mobil GT3 baru tersebut dikabarkan akan melahirkan model produksi, yang kemungkinan akan dijual sebagai Lexus.

Baca juga: Toyota GR Supra disegarkan jadi lebih bertenaga

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *