Token Unlock US$114 Juta Siap Banjiri Pasar Kripto, Imbasnya?


Token unlock adalah pelepasan token yang sebelumnya terkunci berdasarkan ketentuan penggalangan dana. Setiap proyek menjadwalkan agenda rilis token ini dengan hati-hati guna menghindari tekanan pasar dan mencegah penurunan harga token.

Adapun faktor-faktor seperti kurangnya likuiditas maupun aksi ambil untung dini dari kalangan investor awal faktanya bisa berdampak signifikan pada dinamika aset. Berikut adalah 3 agenda token unlock besar yang wajib dipantau sepekan ke depan.

Xai (XAI)

  • Tanggal unlock: 9 September
  • Jumlah token unlock: 35,88 juta XAI
  • Pasokan beredar saat ini: 572,10 juta XAI

Xai adalah solusi layer-3 (L3) pertama di dunia yang dirancang khusus untuk game AAA. Proyek ini dibangun di atas teknologi Arbitrum. Dengan kemampuannya menyederhanakan manajemen wallet, Xai menghadirkan integrasi blockchain yang lebih mudah dan ramah pengguna, sehingga mulus memasuki ekosistem gaming.

Pada tanggal 9 September hari ini, Xai akan melepas sebanyak 35,88 juta token XAI dan mendistribusikannya tim pengembang, investor, cadangan proyek, dan juga ekosistem yang lebih luas.

XAI unlock
Token Unlock XAI | Sumber: token.unlocks

Aptos (APT)

  • Tanggal unlock: 11 September
  • Jumlah token unlock: 11,31 juta APT
  • Pasokan beredar saat ini: 486,98 juta APT

Aptos adalah blockchain layer-1 (L1) yang dirancang untuk menyediakan infrastruktur yang aman dan scalable untuk decentralized application (dApp). Dengan fokus pada keamanan dan performa, Aptos menggabungkan teknologi inovatif untuk meningkatkan pengalaman blockchain.

Meskipun merupakan salah satu proyek blockchain paling sukses dalam beberapa tahun terakhir, Aptos kerap menerima kritik dari komunitas kripto terkait sistem tokenomics-nya yang mereka anggap sangat terpengaruh oleh modal ventura.

Sebagian besar token APT masih terkunci. Pada 11 September, proyek ini akan mendistribusikan 11,31 juta token APT kepada anggota komunitas, kontributor inti, dan investor.

Aptos unlock
Token Unlock STRK | Sumber: token.unlocks

Starknet (STRK)

  • Tanggal unlock: 15 September
  • Jumlah token unlock: 64 juta STARK
  • Pasokan beredar saat ini: 1,77 miliar STARK

Starknet sedang mengembangkan solusi ZK-Rollup layer-2 untuk meningkatkan skala dApp di Ethereum. Setelah putaran investasi yang sukses, tim memperkenalkan token STRK sebagai komponen penting dalam upaya desentralisasi jaringan.

“Token STRK lahir agar skalabilitas berbasis STARK dapat dilakukan dengan cara yang lebih terdesentralisasi. Desain token ini membantu Starknet dijalankan dan dikelola oleh komunitas, dan Provisions menjadi sarana yang kuat untuk mencapainya,” ucap Diego Oliva, CEO Starknet Foundation.

Pada 15 September mendatang, proyek ini siap merilis sebanyak 64 juta STRK, yang akan dialokasikan kepada investor dan kontributor awal.

Starknet unlock
Token Unlock APT | Sumber: token.unlocks

Adapun agenda unlock lainnya untuk sepekan ke depan meliputi io.net (IO), Ethena (ENA), Cyber (CYBER), dan Render (RNDR), totalnya melebihi US$114 juta.

Walaupun agenda token unlock kerap dianggap bearish, jadwal yang terencana dengan baik tentunya berpotensi meningkatkan keberlanjutan jangka panjang sebuah proyek. Selaras dengan tonggak pencapaian dan juga kemajuan pengembangan, token unlock akan memotivasi anggota tim, memupuk keterlibatan komunitas, hingga memacu pertumbuhan ekosistem.

Bagaimana pendapat Anda tentang agenda token unlock pekan ini dan efeknya ke harga? Yuk, sampaikan pendapat Anda di grup Telegram kami. Jangan lupa follow akun Instagram dan Twitter BeInCrypto Indonesia, agar Anda tetap update dengan informasi terkini seputar dunia kripto!

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *