Target Bitcoin (BTC) US$75.000 Tarik Taruhan Besar saat Open Interest Capai Rekor Tertinggi


Kenaikan singkat Bitcoin (BTC) ke US$66,000 telah menarik banyak prediksi bullish, dengan para trader yang bertaruh pada kenaikan yang bisa melampaui rekor tertinggi sebelumnya. Meskipun Bitcoin belum mencatatkan rekor baru, Open Interest (OI) nya telah mencapai puncak, menandakan bahwa minat pada aset kripto terkemuka ini berada pada level tertinggi dalam waktu yang cukup lama.

Kenaikan OI, bersama dengan lonjakan harga ke US$66,000, menunjukkan meningkatnya kepercayaan trader pada potensi breakout. Seberapa tinggi bisa BTC naik?

Open Interest Bitcoin Mencapai Rekor Tertinggi Baru

Umumnya, OI mencerminkan jumlah kontrak terbuka di pasar. Ketika meningkat, ini menunjukkan bahwa para trader sedang aktif memasuki posisi, seringkali dalam antisipasi pergerakan harga yang signifikan. Sebaliknya, penurunan menunjukkan pengurangan eksposur terhadap koin tersebut.

Menurut CryptoQuant, Open Interest Bitcoin telah mencapai rekor tertinggi baru sebesar US$19,80 miliar. Terakhir kali metrik ini setinggi ini adalah pada Juli. Selama periode tersebut, harga koin hampir mencoba kembali ke US$68,000.

Mengingat sentimen pasar saat ini, tidaklah tidak masuk akal untuk mempertimbangkan bahwa Bitcoin bisa menantang rekor tertingginya sekitar US$73,750. Namun, hal itu hanya akan terjadi jika minat yang tumbuh pada aset ini berlanjut.

Baca lebih lanjut: Di Mana Berdagang Bitcoin Futures: Panduan Lengkap

Bitcoin open interest all-time high
Open Interest Bitcoin | Sumber: CryptoQuant

Menanggapi perkembangan ini, analis kripto EgyHashX mengomentari bahwa likuiditas yang meningkat bisa berdampak positif pada harga Bitcoin dalam jangka pendek.

“Tren naik ini di pasar derivatif menunjukkan arus likuiditas yang bertambah dan perhatian yang meningkat di ruang aset kripto. Kenaikan funding rate lebih lanjut menunjukkan sentimen bullish di antara para trader,” tutur EgyHashX melalui CryptoQuant.

Di samping itu, lonjakan terkini dalam Funding Rate Bitcoin memperkuat sentimen bullish di pasar. Funding Rate mengukur biaya memegang posisi long dibandingkan short dalam kontrak berjangka. Ketika positif, ini menunjukkan bahwa lebih banyak trader cenderung ke posisi long, mengantisipasi pergerakan harga naik.

Bitcoin short traders dominate
Funding Rate Bitcoin | Sumber: Coinglass

Funding Rate negatif akan menunjukkan pandangan bearish, dengan lebih banyak trader yang memilih posisi short. Karena Funding Rate telah berada pada level tertinggi sejak Agustus dan tetap positif, ini menandakan bahwa para trader mengharapkan harga Bitcoin akan reli, dengan data yang menunjukkan antisipasi menuju US$75,000.

Prediksi Harga BTC: Kenaikan 14% untuk Memulai

Selama beberapa bulan terakhir, harga Bitcoin telah diperdagangkan dalam saluran menurun. Saluran ini memastikan bahwa koin tetap terikat kisaran dan menemukan tantangan untuk breakout.

Namun, kemarin, 14 Oktober, BTC akhirnya naik melewati resistance tersebut di US$65,234. Dalam prosesnya, koin naik ke US$66,474 sebelum baru-baru ini melakukan koreksi. Meskipun demikian, BTC telah menahan diri untuk tidak masuk kembali ke saluran menurun, menunjukkan bahwa tesis bullish masih kuat.

Jika ini tetap berlanjut, Bitcoin bisa menembus resistance di atasnya di US$70,738. Jika itu terjadi, koin mungkin naik ke US$75,002 sebelum akhir kuartal ini.

Baca lebih lanjut: 4 Broker Kripto Terbaik untuk Membeli dan Menjual Bitcoin pada 2024

Bitcoin price analysis
Analisis Harga Harian Bitcoin | Sumber: TradingView

Di sisi lain, ketidakmampuan untuk melompat di atas US$66,009 lagi bisa menggagalkan bias tersebut. Dalam keadaan tersebut, Bitcoin bisa turun ke US$60,272. Brian Quinlivan, Analis Utama di Santiment, menyarankan untuk berhati-hati, mengatakan bahwa Bitcoin mungkin telah mencapai puncak lokal.

“Satu hal yang masih sedikit mengkhawatirkan adalah seberapa bullishnya kerumunan saat ini pada reli BTC ini. Rasio komentar positif vs negatif selama 2 hari terakhir adalah yang tertinggi yang kami lihat sepanjang tahun ini, yang sering kali sejalan dengan sinyal puncak jangka pendek,” ucap Quinlivan kepada BeInCrypto.

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.
Selain itu, sebagian artikel di situs ini merupakan hasil terjemahan AI dari versi asli BeInCrypto yang berbahasa Inggris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *