SWIFT Akan Mencoba Transaksi Aset Digital untuk Bank Global pada 2025



SWIFT, koperasi antarbank global, akan memungkinkan lebih dari 11 ribu lembaga keuangan untuk melakukan transaksi aset digital melalui jaringannya tahun depan.

Para ahli industri menggambarkan peluang dan tantangan untuk proyek ini dalam wawancara eksklusif dengan BeInCrypto.

Uji Coba Aset Antarbank Global SWIFT

SWIFT, koperasi antarbank global, mengumumkan inisiatif baru yang akan berlangsung di Amerika Utara, Eropa, dan Asia tahun depan. Ketika uji coba langsung dimulai, bank yang berpartisipasi akan dapat menggunakan jaringan SWIFT untuk melakukan transaksi aset digital. Program ini datang setelah berbagai eksperimen untuk menentukan kelayakan sistem ini secara internasional.

Baca Lebih Lanjut: 5 Gateway Pembayaran Kripto Terbaik yang Harus Diketahui Setiap Bisnis

SWIFT menganggap program ini sebagai inovasi penting dalam proyek jangka panjangnya: menciptakan titik akses tunggal antara sektor keuangan dan kelas aset digital. Ini tentu bukan percobaan pertama mereka dalam proyek semacam ini, karena SWIFT telah melakukan uji coba CBDC internasional lebih awal tahun ini. David Pinger, CEO dan pendiri bersama Warden Protocol menggambarkan terobosan proyek ini dalam wawancara eksklusif.

“Menghubungkan sistem keuangan tradisional dengan platform terdesentralisasi akan mempercepat adopsi aset ter-tokenisasi dengan menyediakan arus modal besar dari keuangan tradisional. Ini juga akan bertindak sebagai katalis untuk tokenisasi, menutup kesenjangan bagi investor institusional, membuat aset digital secara konseptual lebih mudah diintegrasikan ke dalam sistem yang ada,” ujar Pinger.

Pinger juga mencantumkan beberapa tantangan besar untuk proyek ambisius ini: inkonsistensi regulasi, kekhawatiran privasi, interoperabilitas lintas-rantai, dll. SWIFT telah mengantisipasi masalah ini selama bertahun-tahun, dan telah sudah bekerja pada solusinya. SWIFT mengklaim bahwa platform digital yang terputus, atau “pulau digital,” akan menjadi perhatian utama mereka ke depannya.

Untuk mengatasi kekhawatiran ini, SWIFT fokus pada membangun jaringan perbankan terbesar dan paling komprehensif yang mungkin. Siaran pers bahkan menyebutkan upaya untuk mengintegrasikan jaringan bank yang muncul lainnya ke dalam rencana aset digital SWIFT. Will Wendt, Kepala Ekosistem di Oasis Protocol, juga memberikan wawancara eksklusif dengan BeInCrypto untuk membahas keuntungan bank.

“Saya percaya inisiatif SWIFT akan membawa kita lebih dekat untuk mencapai tujuan kerahasiaan Web3. Saat ini, jaringan Web3… transparan mengenai pembayaran, memungkinkan siapa saja untuk melihat alamat dompet dan riwayat transaksi. Tingkat transparansi ini mungkin tidak sesuai dengan kebutuhan bank tradisional yang mengandalkan SWIFT,” klaimnya.

Baca Lebih Lanjut: Kripto vs. Perbankan: Mana Pilihan yang Lebih Cerdas?

Pada dasarnya, salah satu rintangan regulasi terbesar bagi sistem perbankan global cukup sederhana: kebutuhan akan privasi. Informasi keuangan sensitif pelanggan harus tetap rahasia, dan Wendt mengklaim bahwa latar belakang SWIFT ideal untuk memenuhi kebutuhan ini. Menciptakan pengalaman pengguna yang mulus akan sangat penting, katanya, saat mengatasi masalah ini.

SWIFT berencana untuk meluncurkan program uji coba ini ke lebih dari 11 ribu lembaga keuangan tahun depan. Perusahaan tampak sangat percaya diri dalam kemampuannya untuk menghubungkan bank-bank ini dengan “jenis aset yang ada dan yang muncul,” tetapi tidak menyebutkan contoh spesifik. Jika berhasil, inisiatif ini bisa benar-benar mengubah permainan.

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.
Selain itu, sebagian artikel di situs ini merupakan hasil terjemahan AI dari versi asli BeInCrypto yang berbahasa Inggris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *