Powell Umumkan Pemotongan Suku Bunga di Masa Depan dengan Kecepatan Lebih Lambat, Pasar Aset Kripto Akan Diuntungkan



Dalam pidato di Nashville, Ketua Federal Reserve Jerome Powell menggambarkan jalur untuk pemotongan suku bunga selama beberapa bulan ke depan. Pemotongan lebih lanjut kemungkinan akan terjadi, tetapi akan lebih kecil dibandingkan dengan pemotongan terakhir.

Beberapa ahli menggambarkan dampak bullish potensial pada pasar aset kripto dalam wawancara eksklusif dengan BeInCrypto.

Penilaian Powell tentang Pemotongan Suku Bunga

Pada pertemuan tahunan National Association for Business Economics, yang diadakan di Nashville, Tennessee, Ketua Federal Reserve Jerome Powell memberikan pidato tentang kondisi ekonomi. Powell memberikan perhatian khusus pada pemotongan suku bunga yang telah berdampak besar pada pasar aset kripto.

Pada dasarnya, Powell mengklaim bahwa “ekonomi dalam kondisi yang solid,” dibandingkan dengan serangkaian tren negatif di tahun 2023, dan bahwa Fed sangat mungkin akan melakukan pemotongan suku bunga lebih lanjut untuk melanjutkan tren tersebut. Namun, dibandingkan dengan pemotongan yang cukup agresif minggu lalu, pemotongan selanjutnya sepanjang tahun akan jauh lebih rendah.

“Keputusan kami untuk menurunkan suku bunga kebijakan mencerminkan kepercayaan kami yang meningkat bahwa kekuatan di pasar tenaga kerja dapat dipertahankan. Ke depan, jika ekonomi berkembang secara luas seperti yang diharapkan, kebijakan akan bergerak seiring waktu menuju sikap yang lebih netral. Namun, kami tidak mengikuti kursus yang telah ditetapkan. Risikonya dua arah, dan kami akan terus membuat keputusan dari pertemuan ke pertemuan,” ucap Powell.

Baca lebih lanjut: Cara Melindungi Diri Anda dari Inflasi Menggunakan Aset Kripto

Powell menambahkan lebih lanjut bahwa keputusan akhir tentang pemotongan suku bunga ini akan sepenuhnya ditentukan oleh data. Dia mengakhiri dengan mengingatkan audiens bahwa perhatian utamanya adalah tingkat pekerjaan di AS dan stabilitas harga.

Namun, aset kripto khususnya juga berpotensi mendapat manfaat dari pemotongan suku bunga tambahan, jika data saat ini menjadi acuan. Pemotongan suku bunga terbaru telah secara signifikan meningkatkan volume perdagangan setelah beberapa minggu aktivitas yang lambat.

Beberapa pemimpin terkemuka di dunia kripto telah cukup bullish mengenai topik pemotongan suku bunga. Misalnya, CEO Binance yang energik Richard Teng berbicara panjang lebar dalam wawancara eksklusif dengan BeInCrypto:

“Kami berharap bahwa pemotongan suku bunga akan memiliki dampak signifikan pada harga aset digital. Suku bunga yang lebih rendah meningkatkan likuiditas dalam sistem keuangan, mendorong permintaan untuk aset berisiko tinggi, berimbal hasil tinggi, termasuk aset kripto. Selain itu, suku bunga yang lebih rendah dapat memicu kekhawatiran inflasi, yang membuat beberapa investor beralih ke aset kripto untuk menjaga daya beli mereka,” tutur Teng.

Dengan kata lain, aset kripto sangat cocok untuk memanfaatkan pemotongan suku bunga; bahkan kekhawatiran tentang penurunan ekonomi dapat menguntungkan aset kripto dalam hal ini. Teng menambahkan bahwa pasar ETF baru dapat “memfasilitasi transisi yang lebih mudah antara saham dan aset kripto,” sehingga likuiditas pasar dapat berdampak lebih mudah.

Namun, sangat mungkin memiliki terlalu banyak hal yang baik. Teng menyebutkan dampak positif dari kekhawatiran inflasi yang ringan, tetapi juga menyatakan bahwa aset kripto adalah aset berisiko. David Morrison, Analis Pasar Senior di Trade Nation juga berbicara dengan BeInCrypto, dan membahas downside dari kekhawatiran inflasi:

“Saat ini, kebanyakan investor melihat lingkungan ‘Goldilocks’. Tidak ada banyak bukti perlambatan ekonomi yang luas. Namun, kebanyakan bank sentral melonggarkan kebijakan moneter. Jika pembicaraan beralih kembali ke resesi, inflasi dan tentu saja, ketegangan geopolitik, ini akan mendorong investor menuju aset ‘safe-haven’ seperti emas dan perak,” papar Morrison.

Baca lebih lanjut: Krisis Perbankan AS 2023 Dijelaskan: Penyebab, Dampak, dan Solusi

Untuk saat ini, maka, komentar Powell seharusnya sangat meyakinkan bagi industri aset kripto. Dalam jangka pendek, pemotongan suku bunga ini telah terbukti sangat bermanfaat dalam meningkatkan likuiditas pasar dan investasi. Jika pemotongan suku bunga terus berlanjut dengan kecepatan yang meningkat, namun, investor mungkin menghindari aset kripto. Pendekatan yang seimbang mungkin menjadi yang terbaik dalam jangka panjang.

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.
Selain itu, sebagian artikel di situs ini merupakan hasil terjemahan AI dari versi asli BeInCrypto yang berbahasa Inggris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *