Pertumbuhan pasar sepeda motor capai 3,1 persen hingga Agustus


Jakarta (ANTARA) – Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia mengungkapkan bahwa pasar sepeda motor di Indonesia mencatatkan pertumbuhan sebesar 3,1 persen, dengan total penjualan mencapai 4,34 juta unit hingga Agustus 2024.

“Kami hadir membawa kabar baik, bahwa hingga Agustus tahun ini pasar sepeda motor tumbuh sebesar 3,1 persen,” ujar Ketua Umum AISI Johannes Loman di Jakarta, Kamis.

Johannes mengatakan, angka tersebut meningkat dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yang mencapai 4,2 juta unit.

Menurut dia pertumbuhan ini menunjukkan bahwa meskipun kondisi ekonomi saat ini cukup menantang, sepeda motor tetap menjadi pilihan transportasi yang efisien dan terjangkau bagi masyarakat.

Baca juga: IMOS+ jadi pendorong penjualan motor di Indonesia

Baca juga: IMOS jadi langkah AISI percepat ekosistem motor listrik di Indonesia

Dia menilai, perusahaan pembiayaan yang sehat dan andal turut berperan dalam mendukung peningkatan penjualan ini.

Johannes mengatakan pihaknya terus berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan industri sepeda motor di tanah air. Salah satu wujud nyata dari komitmen ini adalah melalui pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2024.

Pameran ini tidak hanya berfungsi sebagai ajang untuk menampilkan produk-produk terkini, tetapi juga menjadi sarana edukasi bagi masyarakat mengenai teknologi dan inovasi terbaru dalam dunia sepeda motor.

“Kami berharap pameran ini dapat berkontribusi dalam meningkatkan penjualan sepeda motor hingga target penjualan yang dicanangkan AISI tahun ini akan mencapai 6,35 juta hingga 6,45 juta,” kata dia.

Pameran IMOS 2024 akan kembali hadir menyapa para pecinta otomotif, khususnya para pengendara sepeda motor di Indonesia.

Berlangsung selama lima hari pada 30 Oktober hingga 3 November 2024 di ICE, BSD City, Kabupaten Tangerang, IMOS akan menggunakan area pamer yang lebih luas dan menampilkan berbagai inovasi dan teknologi terbaru dari industri sepeda motor.

IMOS yang merupakan pameran milik AISI menjadi bentuk komitmen untuk terus mendukung pertumbuhan industri otomotif di Indonesia yang memiliki potensi untuk terus berkembang.

Pameran IMOS 2024 akan menghadirkan lebih dari 60 ekshibitor, terdiri dari puluhan merek sepeda motor, meliputi sepeda motor berbahan bakar bensin dan sepeda motor listrik, hingga sepeda motor sport serta produk-produk dari industri pendukung seperti aksesoris dan apparel sepeda motor.

Baca juga: AISI: Ekonomi yang stabil tumbuhkan pasar sepeda motor nasional 2023

Baca juga: AISI sebut krisis semikonduktor sudah bisa diatasi

 

Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *