Menakar Prediksi Harga Shiba Inu (SHIB) saat Whale Berhati-hati


Harga SHIB baru-baru ini melonjak, dan rasio MVRV 7 hari meningkat tajam, menandakan banyak holder SHIB yang kini berada di posisi untung. Meski ada akumulasi whale, jumlahnya masih terbilang moderat, yang bisa membatasi reli harga lebih jauh. Walaupun garis EMA SHIB menunjukkan tren bullish serta terbentuknya golden cross, token ini menghadapi resistance tangguh di depan.

Semua faktor ini mengisyaratkan bahwa reli SHIB saat ini mungkin sulit untuk mempertahankan momentum.

MVRV 7 Hari SHIB Tunjukkan Potensi Koreksi

Sebagai salah satu meme coin populer, Shiba Inu baru saja mengukir lonjakan rasio Market Value to Realized Value (MVRV) 7 hari dari 3,1% ke 9,57% dalam 24 jam. Yang menarik, ini terjadi bersamaan dengan kenaikan harga 12%. Lonjakan ini mengindikasikan bahwa ada banyak holder SHIB yang sedang menikmati profit. Rasio MVRV ini membantu menilai apakah holder mengalami untung atau rugi dalam jangka pendek.

Ketika rasio MVRV naik, seringkali menandakan ada lebih banyak investor yang meraup profit, sehingga bisa menyulut aksi ambil untung. Rasio MVRV 7 hari menjadi metrik penting dalam menilai sentimen pasar jangka pendek. Rasio yang tinggi mengindikasikan aset mungkin overbought, meningkatkan risiko koreksi harga.

SHIB 7D MVRV.
MVRV 7 Hari SHIB | Sumber: Santiment

Saat rasio MVRV naik, umumnya itu berarti ada banyak investor yang menikmati profit, alhasil bisa memicu aksi ambil untung. Secara historis, ketika rasio MVRV SHIB melampaui angka 9%, hal ini kerap diikuti dengan koreksi harga dramatis. Dua kali sebelumnya, saat MVRV SHIB melampaui level ini, token ini mengalami koreksi hingga securam 50% dan 18% dalam beberapa minggu setelahnya.

Dengan menimbang konteks ini, lonjakan harga terbaru bisa jadi sinyal bullish, namun sekaligus memperingatkan akan potensi aksi jual dalam waktu dekat.

Whale Tidak Banyak Belanja SHIB

Sekarang, mari kita lihat lebih dekat aksi whale terkait Shiba Inu. Dari akhir Juli hingga pertengahan Agustus, whale tercatat menjual SHIB dalam jumlah fantastis, menyebabkan koreksi harga setajam 42% dalam tempo 3 minggu.

Mengamati aktivitas whale penting karena mereka punya pengaruh besar di pasar. Transaksi mereka kerap menandakan perubahan tren. Ketika whale melepas token, itu bisa berarti mereka memperkirakan penurunan harga. Sebaliknya, jika mereka mengakumulasi, biasanya dianggap sebagai sinyal bullish, karena menunjukkan keyakinan akan potensi kenaikan harga.

Chaikin Money Flow Shiba Inu | Sumber: TradingView

Walaupun ada tanda-tanda whale mulai mengakumulasi SHIB lagi pada akhir Agustus, akumulasi ini tidak berlangsung lama dan mereka segera menjual kembali. Baru-baru ini, ada sedikit akumulasi SHIB oleh whale. Hanya saja, skalanya relatif kecil ketimbang periode sebelumnya.

Hal ini bermakna bahwa reli harga SHIB saat ini mungkin tidak akan bertahan lama, atau setidaknya whale belum sepenuhnya yakin akan kekuatan reli. Akumulasi yang cenderung hati-hati semacam ini menandakan bahwa whale masih ragu. Ini selanjutnya bisa menjadi sinyal potensi ketidakstabilan dalam aksi harga saat ini.

Prediksi Harga SHIB: Mampukah Taklukkan US$0,0002?

Garis Exponential Moving Average (EMA) SHIB saat ini menunjukkan tren bullish yang perkasa, dan golden cross baru saja terbentuk beberapa hari lalu. Golden cross adalah salah satu sinyal bullish yang paling diperhitungkan dalam dunia analisis teknikal. Pola ini lahir ketika EMA jangka pendek melampaui EMA jangka panjang.

Berbeda dengan simple moving average, garis EMA lebih menitikberatkan pada data harga terbaru. Jika EMA jangka pendek berada di atas EMA jangka panjang, artinya ada momentum beli yang kuat. Sebaliknya, sinyal bearish muncul ketika EMA jangka pendek turun di bawah EMA jangka panjang, menandakan tekanan turun.

Walaupun sinyal EMA SHIB terlihat menjanjikan dan menunjukkan potensi berlanjutnya tren naik, ada dua level resistance kunci yang perlu ditembus di US$0,0001763 dan US$0,0001846. Kedua zona resistance ini telah menjadi penghalang besar bagi SHIB di masa lalu.

Chaikin Money Flow Shiba Inu | Sumber: TradingView

Jika SHIB berhasil menerobos level-level ini, koin ini berpeluang menguji angka US$0,0002. Jika level ini berhasil terlewati, SHIB bisa mengalami gelombang tekanan beli baru, mendorong harga ke level yang lebih tinggi.

Namun, jika rasio MVRV terus menekan pasar dan whale tetap mengambil sikap hati-hati, ada risiko tren naik SHIB akan terhenti. Dalam skenario ini, SHIB bisa terjun ke level support kritis di US$0,00015 dan US$0,00013, seiring sektor meme coin mencoba mengembalikan hype dari bulan-bulan sebelumnya.

Jika support ini gagal bertahan, sentimen pasar bisa beralih ke bearish, menghapus sebagian besar keuntungan yang telah tercapai.

Bagaimana pendapat Anda tentang prospek harga Shiba Inu (SHIB) ke depannya? Yuk, sampaikan pendapat Anda di grup Telegram kami. Jangan lupa follow akun Instagram dan Twitter BeInCrypto Indonesia, agar Anda tetap update dengan informasi terkini seputar dunia kripto!

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.
Selain itu, sebagian artikel di situs ini merupakan hasil terjemahan AI dari versi asli BeInCrypto yang berbahasa Inggris.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *