Kini genap berusia 50 tahun, ini sejarah Isuzu masuk Indonesia


Jakarta (ANTARA) – PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) sebagai Agen Pemegang Merek (APM), Manufaktur, dan Distributor resmi kendaraan Isuzu di Indonesia, tahun ini merayakan 50 tahun kehadirannya di Indonesia, sejak pertama kali masuk pasar pada tahun 1974.

“Terima kasih atas kepercayaan konsumen kepada Isuzu selama ini sehingga perusahaan sudah mencapai 50 tahun eksistensi di industri otomotif nasional. Kami pun berupaya terus memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia dengan kendaraan-kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan efisien untuk menunjang bisnis Isuzu Partner.” Ujar Presiden Direktur PT IAMI Yusak Kristian Solaeman, melalui rilis pers, Selasa.

Isuzu memulai bisnisnya di Indonesia, dengan menghadirkan mitra distributor resmi di Tanah Air, sejak tahun 1974. Kehadiran perwakilan resmi di Indonesia ini juga dibarengi dengan model Isuzu TLD yang mendapatkan respon positif dari konsumen Indonesia.

Pada tahun 2008, terdapat pergantian nama perusahaan distributor resmi di Indonesia menjadi PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI). Momen ini menjadi tonggak penting arah bisnis PT IAMI yang kembali berfokus kepada industri kendaraan komersial seperti akar utama bisnis Isuzu sebagai produsen kendaraan komersial terkemuka.

Baca juga: Isuzu Indonesia raih First Winner dalam ajang AIBP 2024

Keseriusan PT IAMI di segmen kendaraan komersial kemudian ditunjukkan dengan pengembangan kendaraan khusus yang diperuntukkan pasar Indonesia dan sejumlah negara lainnya.

Hingga pada 2018, lahir Isuzu Traga yang mengisi segmen medium pikap dan secara khusus diproduksi di Indonesia.

Hadirnya Isuzu Traga ini menjadikan Isuzu Indonesia sebagai manufaktur sekaligus basis ekspor untuk kebutuhan Isuzu secara global.

Pada tahun 2024 di tengah penurunan pasar kendaraan komersial, Isuzu berhasil meningkatkan pangsa pasar. Hingga bulan Agustus 2024, Isuzu mencatatkan pangsa pasar sebesar 31,1 persen, bertumbuh 4,1 persen dibanding periode yang sama pada tahun 2023.

“Angka ini menunjukkan kepercayaan konsumen terhadap Isuzu untuk terus menemani bisnis Isuzu Partner,” kata Yusak.

Baca juga: Menperin pastikan Isuzu pindahkan fasilitas produksi truk ke Indonesia

Pada tahun 2024, Isuzu mendapatkan penghargaan Top Brand yang diselenggarakan oleh Frontier dan Majalah Marketing Indonesia untuk kategori kendaraan komersial kargo, yang dianggap perusahaan sebagai bukti kepercayaan yang baik dari masyarakat kepada Isuzu.

Demi mewujudkan visi menjadi manufaktur kelas dunia, PT IAMI terus berinovasi untuk mengadopsi teknologi termutakhir. Digitalisasi di berbagai aspek baik produk maupun layanan purna jual senantiasa dilakukan.

Atas inovasi ini, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia mendaulat Isuzu sebagai perusahaan produsen kendaraan komersial pertama yang tersertifikasi Industri Indonesia 4.0 Readiness Index (INDI 4.0).

Baca juga: Isuzu hadirkan Part Depo untuk layanan purna jual di Indonesia Timur

Baca juga: Lima APM Jepang dorong pengembangan infrastruktur EV di Indonesia

 

Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *