Kepala APAC Gemini, Saad Ahmed, Bahas Tren Aset Kripto, Regulasi, dan Ekspansi Global


Gemini, bursa aset kripto yang berbasis di AS yang didirikan oleh Cameron dan Tyler Winklevoss, sedang mengembangkan bisnisnya secara global dengan fokus pada wilayah Asia-Pasifik (APAC). Saad Ahmed, Kepala APAC yang kini berbasis di Singapura, memimpin upaya ini.

Ahmed, yang bergabung dengan Gemini pada November 2023, membawa pengalaman dari Uber dan Grab. Dalam wawancara ini, ia membahas tren investor kripto, tantangan regulasi, dan strategi Gemini untuk Asia. Ia juga membagikan wawasan tentang bagaimana peristiwa global, seperti pemilihan umum AS, dapat mempengaruhi industri kripto dan menguraikan rencana ekspansi internasional Gemini.

Bagaimana menurut Anda pertumbuhan adopsi kripto?

Seperti yang dinyatakan dalam laporan kami yang baru-baru ini diterbitkan, investor kripto sangat tangguh. Meskipun ada fluktuasi harga pada tahun 2022 dan 2023, sebagian besar negara menunjukkan penurunan kepemilikan kripto yang marginal, atau tetap sama. Pemilik kripto adalah hodler yang terus hodl, menunjukkan keyakinan jangka panjang bahwa kelas aset ini memiliki tempat dalam portofolio yang seimbang.

Kami melihat stabilitas dalam hodling, dan orang-orang yang pergi pada tahun 2021 atau 2022 mengatakan mereka akan kembali. 7 dari 10 di sebagian besar pasar mengatakan mereka akan mengalokasikan ke kripto dalam 12 hingga 18 bulan ke depan. Ini menggambarkan gambaran positif tentang ketangguhan dan bahwa kelas aset ini di sini untuk bertahan.

Orang-orang mempertimbangkan katalis seperti faktor makro, pemilihan umum AS, dan pemotongan suku bunga Fed. Investor kripto tangguh dan banyak yang kemungkinan akan kembali dalam 12 hingga 18 bulan ke depan.

Apa pendapat Anda tentang kurangnya kejelasan regulasi sebagai penghalang pertumbuhan industri?

Kejelasan regulasi adalah tentang konsistensi di berbagai yurisdiksi. Dalam industri kripto, ada perbedaan dalam cara regulator mencoba mengatur kelas aset ini. Inovasi biasanya mengarah pada regulasi. Ada kebutuhan akan regulasi yang konsisten yang berlaku di seluruh yurisdiksi, sehingga memudahkan entitas global untuk beroperasi.

Singapura memiliki kejelasan regulasi, dengan fokus pada perlindungan konsumen, mendorong dialog antara industri, pelanggan, dan regulator. Mereka memiliki kerangka aturan yang jelas untuk dipatuhi. Meskipun demikian, beberapa responden masih mengatakan mereka ingin melihat lebih banyak kejelasan regulasi, yang menarik.

Apa yang Anda harapkan dari pemilihan umum AS, dan bagaimana hal itu akan mempengaruhi bisnis Anda?

7 dari 10 orang mengatakan bahwa sikap calon terhadap aset digital adalah masalah penting dalam pengambilan keputusan mereka. Ini bukan satu-satunya masalah yang mereka pedulikan, tetapi ini adalah masalah partisan yang dibahas dalam diskursus nasional. Ini adalah pertama kalinya dalam pemilihan umum AS hal ini terjadi.

Dalam konteks dengan segala sesuatu yang terjadi di industri, seperti ETF Bitcoin yang memberikan legitimasi kepada kelas aset, topik ini dibahas sebagai bagian dari strategi kampanye kedua partai adalah hal yang baik bagi industri. Ini membantu mendorong dialog seputar industri ini dan pentingnya. Lebih banyak orang menyadari bagaimana ini cocok sebagai bagian dari portofolio mereka.

Gemini mencabut pencatatan Terra Luna Classic (LUNC) yang kontroversial pada bulan September. Apa alasan di balik keputusan ini?

Kami melalui proses audit setiap aset yang kami daftarkan dan hapus. Kami memiliki infrastruktur dan proses yang kuat untuk apa yang masuk ke dalam aset yang ada di platform. Ada due diligence pada pendiri, apa yang diwakili proyek, distribusi token, dan apa yang dilakukan proyek.

Proses ini melibatkan tim kepatuhan dan hukum. Setelah proyek terdaftar, itu dicatat dalam sistem, dengan biaya infrastruktur yang terkait dengan pemeliharaan pencatatan.

Berbagai faktor dievaluasi untuk menentukan apakah token harus tetap terdaftar atau dicabut. Ini dilakukan secara rutin, mengambil pendekatan holistik untuk mengelola infrastruktur lebih baik. Proyek baru ditambahkan, sementara yang tidak lagi mendorong permintaan dihapus, karena banyak token mengalami siklus hype sekitar enam bulan sebelum minat menurun.

Apakah Anda setuju bahwa biaya di Gemini relatif lebih tinggi dibandingkan dengan bursa lain?

Secara umum ada tiga hal yang diperhatikan pelanggan tentang likuiditas di platform, produk, dan biaya. Kebanyakan orang memiliki preferensi untuk mana yang mereka nilai paling tinggi. Anda bisa memiliki biaya lebih rendah tetapi spread lebih lebar, atau biaya lebih tinggi dan spread lebih ketat.

Ini adalah pilihan yang dibuat bursa saat membangun kerangka kerja mereka. Pemahaman kami adalah bahwa biaya kami cukup kompetitif. Kami perlu menambah lebih banyak likuiditas.

Kami sedang mengerjakan area yang dapat mendorong likuiditas dan kedalaman yang lebih baik di platform kami. Biaya kami umumnya kompetitif, dan kami sedang berupaya meningkatkan likuiditas.

Saad Ahmed, Kepala Asia Pasifik, Gemini, di TOKEN2049 di Singapura. Sumber: Courtesy of BeInCrypto
Seberapa besar skala bisnis Gemini di APAC?

AS adalah pasar terbesar kami, tetapi kami telah hadir di APAC selama empat tahun. Kami selalu memiliki kantor di Singapura dan tim di sini. Kami membangun untuk Singapura pada tahun 2020, menjadi salah satu bursa pertama dengan onramp SGD. Hari ini, kami memiliki sekitar 40 karyawan di Singapura, kantor pusat APAC kami.

Selama tahun lalu, kami telah membangun tim kepemimpinan yang kuat dengan kepala kepatuhan baru, penasihat umum, strategi, penjualan institusional, dan ekspansi serta pertumbuhan. Kami bersemangat untuk pertumbuhan, berinvestasi di pasar, dan terus membangun pengalaman yang dilokalkan, alur onboarding, dan rel pembayaran.

Kami sedang memikirkan set fitur yang menarik bagi pelanggan di Asia dan membangun dari perspektif yang berfokus pada Asia. Kami sekarang mendorong ekspansi dari Singapura ke bagian lain di Asia.

Sebagai bursa global, apa yang paling Anda perhatikan?

Sebagai bursa global, kami peduli untuk membangun sesuatu yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan di wilayah tersebut. Ini cara kami menciptakan pengalaman terbaik dan memberikan produk serta layanan yang mereka benar-benar inginkan. Kami tidak bisa membuat produk global dan mengharapkan semua orang menggunakannya. Kami perlu menyesuaikan produk dan penawaran kami agar relevan.

Itulah mengapa kami memiliki tim di wilayah APAC. Kami ingin mendorong adopsi melalui produk yang disesuaikan dengan lokal. Pada tahun 2024, kami telah melihat legitimasi kelas aset ini dengan ETF dan nama-nama besar keuangan tradisional yang bergabung dalam industri ini. Kami berperan dalam mendorong adopsi teknologi ini.

Legitimasi ini berarti lebih banyak orang akan menemukan tempat untuk kelas aset ini dalam portofolio mereka. Kami sedang membangun produk untuk membantu memudahkan transisi bagi sebanyak mungkin orang.

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.
Selain itu, sebagian artikel di situs ini merupakan hasil terjemahan AI dari versi asli BeInCrypto yang berbahasa Inggris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *