Ini dia mobil “Maung Garuda” yang digunakan Prabowo usai dilantik


Jakarta (ANTARA) – Presiden Prabowo Subianto meninggalkan Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, setelah resmi dilantik menumpangi kendaraan karya anak bangsa “Maung Garuda”, Minggu.

Mobil itu diiringi tiga mobil Jeep putih dan 10 motor Paspampres. Rombongan itu kemudian membentuk barisan dan jalan keluar Gerbang DPR RI sekitar pukul 12.30 WIB.

Prabowo awalnya datang dengan mobil Toyota Alphard dengan pelat Kemhan. Selanjutnya, Prabowo meninggalkan lokasi dengan mobil SUV berkelir putih tersebut yang berpelat ‘Indonesia 1’ untuk menuju Istana Merdeka.

Maung adalah kendaraan taktis ringan 4×4 produksi PT Pindad yang ditujukan untuk mendukung operasi pertempuran jarak dekat dan jelajah medan sulit.

Baca juga: Spesifikasi mobil Prabowo menuju pelantikan

Baca juga: Presiden Jokowi meninjau Pindad pakai “Maung” disopiri Prabowo

Iring-iringan Presiden RI Prabowo Subianto usai dilantik menuju Istana Merdeka Jakarta, Minggu (20/10/2024). (ANTARA/YouTube/Sekretariat Presiden)


Berdasarkan situs resmi Pindad, Maung didesain untuk memiliki kemampuan manuver yang gesit dan handal untuk mendukung mobilitas penggunanya di berbagai medan operasi.

SUV tangguh ini memiliki kecepatan aman 120 km/jam, transmisi manual 6-percepatan dan mampu menjangkau jarak tempuh hingga 800 km.

Maung dapat dilengkapi dengan braket senjata 7,62 mm, konsol senjata SS2 V4, perangkat GPS navigasi dan tracker kendaraan serta perlengkapan lainnya.

Mobil berkapasitas empat penumpang ini memiliki bobot 2.160 Kg yang dapat dimodifikasi untuk berbagai keperluan. Namun, Maung yang dipakai Prabowo ini telah dimodifikasi bergaya Eropa dengan velg chrome. Di bagian belakang, terdapat logo “GARUDA”.

Adapun acara pelantikan Prabowo-Gibran Rakabuming Raka yang berlangsung di Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (20/10), selesai pada pukul 11.25 WIB. Prabowo-Gibran kemudian menjamu utusan negara sahabat.

Baca juga: Prabowo berangkat ke pelantikan Presiden gunakan mobil dinas Kemenhan

Kendaraan taktis ringan 4×4 Pindad Maung yang ditunggangi Presiden RI Prabowo Subianto usai dilantik menuju Istana Merdeka Jakarta, Minggu (20/10/2024). (ANTARA/YouTube/Sekretariat Presiden)


Pelat ‘Indonesia 1’ awalnya dipakai mobil kepresidenan sedan Mercedes-Benz hitam yang ditumpangi Presiden ke-7 Joko Widodo (Jokowi) saat tiba di Gedung MPR. Ketika meninggalkan lokasi, Jokowi memakai mobil Toyota Alphard hitam dengan pelat B-1339-ZZR.

Usai melakukan prosesi pisah sambut di Istana Merdeka, Jokowi akan kembali ke kampung halaman di Solo, Jawa Tengah, menumpang pesawat TNI AU melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Sementara Wakil Presiden Ke-13 Ma’ruf Amin juga akan menjalani prosesi pisah sambut dengan Wapres RI Gibran Rakabuming Raka di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Minggu.

Baca juga: Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo diarak Maung Pindad di Mako Brimob

Baca juga: Mercedes suplai 60 unit mobil dukung pelantikan Prabowo-Gibran

Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *