ETF Bitcoin AS Membeli Lima Kali Lebih Banyak BTC daripada yang Diproduksi Miner dalam Seminggu


Exchange-traded fund (ETF) Bitcoin spot mengalami salah satu bulan terkuat sejak diluncurkan pada Januari 2024, dengan aliran masuk melampaui US$3 miliar sejauh ini pada Oktober.

Lonjakan permintaan ini telah mendorong penerbit ETF untuk membeli Bitcoin dalam jumlah yang jauh melebihi pasokan yang baru ditambang.

ETF Bitcoin Spot AS Mengumpulkan 45.000 BTC pada Oktober

Selama minggu perdagangan 21-25 Oktober, 11 ETF Bitcoin spot membeli total 15.194 BTC, yang hampir lima kali lipat dari 3.150 BTC yang ditambang dalam periode tersebut, menurut data dari HODL15Capital. Aliran masuk selama minggu ini mencapai sekitar US$1,83 miliar, mencerminkan permintaan kuat yang telah mendorong tingkat akuisisi BTC yang belum pernah terjadi sebelumnya oleh penerbit ETF.

“Jika Anda menjual Bitcoin hari ini, minggu ini, atau tahun ini, itu telah dibeli oleh ETF. Permintaan untuk ETF Bitcoin AS jauh melebihi pasokan baru, namun tangan lemah terus menjual BTC mereka hari demi hari, minggu demi minggu,” HODL15Capital menulis.

Baca Juga: Apa Itu Bitcoin ETF?

US Bitcoin ETFs BTC Acquisition
Akuisisi BTC oleh US Bitcoin ETFs | Sumber: HODL15Capital

Sejak awal Oktober, penerbit ini telah secara kolektif membeli 45.557 BTC. Ini adalah bulan keempat tertinggi untuk akuisisi BTC sejak ETF spot mendapatkan persetujuan pada 10 Januari 2024.

Sementara itu, pembelian agresif telah membawa total kepemilikan BTC oleh penerbit ETF mendekati satu juta BTC. Per 25 Oktober, penerbit ETF Bitcoin secara kolektif memiliki 977.122 BTC — hanya 22.878 BTC kurang dari ambang batas satu juta BTC. BlackRock memiliki cadangan BTC terbesar, dengan memegang sekitar 403.714 BTC, yang setara dengan hampir 2% dari total pasokan Bitcoin.

US Bitcoin ETF BTC Holdings
Kepemilikan BTC oleh US Bitcoin ETF | Sumber: HODL15Capital

Yang menarik, jika tingkat akumulasi ETF saat ini terus berlanjut, total kepemilikan mereka bisa segera melampaui Satoshi Nakamoto, pencipta anonim aset teratas tersebut.

“Belum genap 10 bulan dan ETF telah mencapai 97% dari target memiliki 1 juta BTC, dan 87% dari target melewati Satoshi sebagai pemegang terbesar,” Eric Balchunas dari Bloomberg ETF menyatakan.

Baca Juga: Bagaimana Cara Berinvestasi di ETF Ethereum?

Pengamat pasar telah menunjukkan bahwa dengan penerbit ETF sekarang memegang sebagian besar pasokan BTC, pengaruh mereka terhadap likuiditas pasar dan stabilitas harga kemungkinan akan bertambah.

Memang, seiring dengan terusnya akumulasi aset teratas oleh ETF, mungkin ada risiko volatilitas yang lebih besar selama periode aliran masuk atau keluar yang tinggi, terutama mengingat pasokan BTC yang relatif tetap. Analis memperingatkan bahwa konsentrasi seperti itu bisa menyebabkan sensitivitas harga yang meningkat sebagai respons terhadap dinamika pasar.

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.
Selain itu, sebagian artikel di situs ini merupakan hasil terjemahan AI dari versi asli BeInCrypto yang berbahasa Inggris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *