EigenLayer (EIGEN) Crash 20% usai Listing, Apa Sebabnya?


Native token EigenLayer, EIGEN, mengalami penurunan harga tajam sebesar 20% tak lama setelah listing di Binance dan sederet crypto exchange papan atas lainnya. Meskipun awalnya disambut dengan antusiasme, kekhawatiran seputar transparansi dengan cepat mengubah sentimen pasar.

Isu-isu ini nampaknya telah menghambat potensi pertumbuhan token, menciptakan ketidakpastian di kalangan investor baru maupun yang sudah ada.

Eigen Labs dalam Sorotan

EigenLayer sebelumnya menjadi pusat perhatian menjelang listing native token mereka, EIGEN. Namun, setelah resmi listing, EIGEN kembali menjadi pembicaraan, tapi kali ini karena alasan berbeda. Pengembang jaringan, Eigen Labs, menuai kritik lantaran kurangnya transparansi terkait proses staking token mereka.

Pada umumnya, token yang dialokasikan untuk investor proyek dikunci untuk mencegah aksi “pump and dump“. Token ini secara bertahap akan dilepas selama periode vesting, dan hanya setelah periode tersebut rampung investor dapat izin untuk memperdagangkan atau menjualnya.

Namun yang menarik, hal ini tidak berlaku untuk EIGEN, di mana para investor sudah dapat izin untuk melakukan staking pada token yang masih dalam status terkunci. Sayangnya, hal ini tidak disampaikan secara terbuka oleh Eigen Labs, melainkan hanya diselipkan di dalam dokumen update mereka.

Kontroversi ini lantas memicu protes besar dari komunitas, sehingga Eigen Labs memberikan klarifikasi pada hari Rabu (2/10).

“Investor diizinkan untuk melakukan staking baik pada aset EIGEN maupun non-EIGEN di EigenLayer. Kontrak dengan investor mengharuskan mereka diizinkan untuk staking EIGEN, serta segala reward yang diterima akan dibuka. Besaran maksimum yang bisa diperoleh semua staker EIGEN setiap tahunnya adalah 1% dari total pasokan awal EIGEN. Ini bisa diklaim secara mingguan dan memerlukan waktu satu tahun untuk dirilis secara linear. 1% ini mencakup semua staker EIGEN, termasuk investor,” tulis Eigen Labs dalam sebuah pernyataan.

Pengembang juga mencatat, investor tidak memenuhi syarat untuk stakedrop dan melarang tim Eigen Labs dan Eigen Foundation untuk berpartisipasi, namun investor diperbolehkan untuk menjalankan staking sejak hari pertama.

Buntut kontroversi ini, pertumbuhan jaringan EigenLayer anjlok drastis. Metode yang melacak laju pembentukan alamat baru di jaringan ini kerap digunakan untuk mengukur popularitas sebuah proyek.

Dalam 24 jam, pertumbuhan jaringan anjlok sebesar 91%, menandakan bahwa investor baru mulai kehilangan kepercayaan. Penurunan minat ini mungkin terkait langsung dengan masalah transparansi yang sedang terjadi, yang menciptakan keraguan di kalangan investor potensial.

Anjlok drastis dalam jumlah alamat baru ini menjadi tanda yang mengkhawatirkan bagi masa depan EigenLayer. Pasalnya, pertumbuhan jaringan merupakan indikator utama kesuksesan jangka panjang. Jika proyek ini gagal menyelesaikan masalah transparansi, maka posisi pasar token ini dapat semakin melemah.

Pertumbuhan Jaringan EIGEN.
Pertumbuhan Jaringan EIGEN | Sumber: Santiment

Prediksi Harga EIGEN: Antisipasi Hal Tak Terduga

Harga EIGEN jatuh dari US$4,15 menjadi US$3,34, atau drop 19% hanya dalam sehari pasca listing. Aksi turun drastis ini menyoroti volatilitas dan juga keraguan seputar token, terutama setelah kemunculannya di crypto exchange papan atas.

Walaupun sentimen bearish mungkin akan terus berlanjut, peluang EIGEN untuk kembali ke level support US$3,75 sepertinya kecil karena skeptisisme investor yang masih berlanjut. Ketidakpastian ini bisa memicu koreksi harga lebih lanjut jika kepercayaan tidak segera pulih.

Analisis Harga EIGEN.
Analisis Harga EIGEN | Sumber: TradingView

Jika EIGEN gagal mempertahankan level support US$3,25, altcoin ini berisiko menelan kerugian tambahan. Namun, jika berhasil menembus US$3,47 dan mengubah US$3,75 menjadi support, prospek bearish jangka pendek bisa saja batal, dan minat investor dapat kembali tumbuh. Untuk saat ini, sentimen pasar tetap rapuh, dan investor terus mengawasi perkembangan terkait transparansi proyek ini.

Bagaimana pendapat Anda tentang prediksi harga EIGEN ini? Yuk, sampaikan pendapat Anda di grup Telegram kami. Jangan lupa follow akun Instagram dan Twitter BeInCrypto Indonesia, agar Anda tetap update dengan informasi terkini seputar dunia kripto!

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.
Selain itu, sebagian artikel di situs ini merupakan hasil terjemahan AI dari versi asli BeInCrypto yang berbahasa Inggris.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *