Crypto Exchange Gemini Hengkang dari Pasar Kanada, Ada Apa?


Gemini akan menghentikan operasinya di Kanada pada akhir tahun ini, menurut email yang dikirim ke pelanggan pada hari Senin (30/9). Crypto exchange ini mendesak para pelanggan untuk mulai menarik aset mereka sebelum 31 Desember 2024.

Gemini menambah daftar panjang crypto exchange yang meninggalkan pasar Kanada akibat kondisi regulasi yang semakin ketat.

Crypto Exchange Gemini Akan Pamit dari Pasar Kanada

Gemini tidak secara eksplisit menyebutkan alasan kepergiannya dari pasar Kanada. Namun, pelanggan di Kanada diberi waktu 90 hari untuk menarik aset mereka dari platform ini.

Keputusan ini muncul beberapa bulan setelah Canadian Securities Administrators (CSA) mewajibkan semua platform untuk menandatangani pre-registration undertaking (PRU) sebagai syarat untuk tetap beroperasi di negara tersebut. CSA menyatakan bahwa aturan ini bertujuan melindungi investor, mengacu pada kebangkrutan perusahaan kripto seperti Voyager, Celsius, dan FTX yang terjadi sepanjang tahun 2022.

“Investor telah menderita kerugian signifikan akibat runtuhnya VRCA yang tidak teregulasi, gangguan pasar VRCA lainnya, serta aktivitas pelaku pasar kripto yang tidak terdaftar. Sementara yurisdiksi internasional lainnya sedang mengembangkan rezim regulasi berbasis pembayaran, perbankan, atau hibrida untuk beberapa jenis VRCA, CSA tidak mengetahui adanya VRCA yang teregulasi dan diperdagangkan di Kanada,” tutur sang regulator.

gemini email to customers
Gemini Akan Keluar dari Kanada | Sumber: Email Gemini kepada Pelanggan

Aturan baru ini mencakup regulasi terkait interaksi antara exchange dan pelanggan serta melarang pengguna Kanada untuk memperdagangkan stablecoin tanpa persetujuan dari Canadian Securities Administrators (CSA).

Gemini telah menandatangani Pre-Registration Undertaking (PRU) dan menyelesaikan pengajuannya, menunjukkan kepatuhannya atas aturan tersebut.

Crypto exchange ini mulanya melihat Kanada sebagai pasar utama untuk ekspansi internasionalnya. Namun, keputusan terbarunya untuk keluar dari pasar Kanada mengejutkan para pelanggan.

Semula, regulator menetapkan batas waktu pada bulan Oktober, namun kemudian memperpanjang jadwal kepatuhan hingga akhir tahun 2024. Keputusan Gemini untuk hengkang selaras dengan jadwal yang telah direvisi ini.

“CSA telah secara aktif berkomunikasi dengan CTP dan pelaku industri kripto serta tetap terbuka terhadap proposal terkait cara alternatif mengatasi kekhawatiran perlindungan investor yang diangkat oleh VRCA. Untuk itu, CSA memperpanjang tenggat waktu lagi dari 31 Oktober menjadi 31 Desember 2024,” bunyi kutipan dalam pembaruan September.

Adapun kegagalan untuk mematuhi regulasi dari Canadian Securities Administrators (CSA) dapat mengakibatkan sanksi berat bagi exchange. Bagi pelanggan, ini berarti potensi hilangnya akses ke beberapa produk tertentu. Menurut situs web CSA, hanya beberapa platform seperti Kraken dan Coinbase yang masih beroperasi di bawah aturan ketat ini.

Seiring dengan persiapan Gemini untuk keluar dari pasar Kanada, ia bergabung dengan Binance, Bybit, dan Paxos yang telah lebih dulu mundur. Binance, yang meninggalkan Kanada lebih dari setahun lalu, mengaitkan kepergiannya dengan lingkungan regulasi yang menantang, namun tetap optimistis tentang kemungkinan kembali ke pasar tersebut.

“Kami yakin suatu hari nanti akan kembali ke pasar ini ketika pengguna Kanada kembali memiliki kebebasan untuk mengakses rangkaian aset digital yang lebih luas,” tulis Binance di X.

Platform lain yang juga keluar akibat perubahan regulasi yakni OKX, Blockchain.com, dan Deribit.

Bagaimana pendapat Anda tentang Gemini exchange yang pamit dari pasar Kanada ini? Yuk, sampaikan pendapat Anda di grup Telegram kami. Jangan lupa follow akun Instagram dan Twitter BeInCrypto Indonesia, agar Anda tetap update dengan informasi terkini seputar dunia kripto!

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.
Selain itu, sebagian artikel di situs ini merupakan hasil terjemahan AI dari versi asli BeInCrypto yang berbahasa Inggris.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *