Cardano Akan Memanfaatkan Likuiditas Bitcoin Sebesar US$1,33 Triliun: Peningkatan untuk Hubungan ADA-BTC?


Jaringan Cardano siap untuk mengakses likuiditas Bitcoin senilai US$1,3 triliun untuk ekosistem keuangan terdesentralisasinya (DeFi) melalui integrasi baru dengan BitcoinOS (BOS), sebuah platform kontrak pintar Bitcoin. Hasilnya, harga Bitcoin Cardano mungkin mulai bergerak ke arah yang sama.

Integrasi ini datang di saat harga ADA dan BTC menunjukkan sedikit atau tidak ada korelasi. Pertanyaannya tetap: apakah perkembangan ini akan mengubah keadaan saat ini?

Cardano Manfaatkan Likuiditas Bitcoin

Pada 24 Oktober, BitcoinOS, sebuah protokol roll-up Bitcoin, mengungkapkan bahwa jembatannya, Grail, akan diluncurkan di jaringan Cardano.

“Cardano, blockchain terbesar ke-11 berdasarkan kapitalisasi pasar, sedang mengintegrasikan Jembatan Grail BitcoinOS untuk membebaskan kemampuan pemrograman dan skalabilitas terdesentralisasi di Bitcoin!” BitcoinOS menulis di X.

Perkembangan ini berarti ekosistem Cardano kini dapat mengakses likuiditas Bitcoin, yang bernilai sekitar US$1,33 triliun. Ini juga memungkinkan pengguna ADA untuk mengakses Bitcoin secara aman dan tanpa perantara, meningkatkan sifat terdesentralisasi dari kedua jaringan tersebut.

Dalam kaitannya dengan perkembangan ini, pengamat pasar mungkin bertanya-tanya apakah ini akan memperkuat hubungan seputar harga Bitcoin Cardano. Sejak Juli, harga Cardano telah menurun sebesar 32% terhadap Bitcoin, menunjukkan bahwa cryptocurrency utama telah mengungguli token tersebut.

Baca Juga: Cara Menambang Cardano dan Mendapatkan Lebih Banyak Koin

Harga Cardano terhadap Bitcoin
Harga Cardano Terhadap Bitcoin | Sumber: TradingView

Hal ini juga didukung oleh matriks korelasi 30 hari dari IntoTheBlock. Matriks korelasi, atau koefisien korelasi, berkisar dari -1 hingga +1, di mana nilai yang lebih dekat ke -1 menunjukkan bahwa harga dua aset kripto jarang bergerak bersama.

Sebaliknya, koefisien mendekati +1 menunjukkan bahwa harga biasanya bergerak ke arah yang sama. Dalam kasus ADA dan BTC, koefisien korelasi berada di 0,26, menunjukkan bahwa kedua aset kripto tersebut jarang tren bersama.

Korelasi harga Bitcoin dan ADA
Korelasi Cardano-Bitcoin | Sumber: IntoTheBlock

Namun, perkembangan terbaru ini menunjukkan bahwa perubahan mungkin ada di cakrawala. Hari ini, pendiri Cardano, Charles Hoskinson, yang telah mengkritik Bitcoin sebelumnya, membagikan pemikirannya tentang hal tersebut.

Menurut Hoskinson, jembatan BitcoinOS akan memungkinkan jaringan Cardano untuk membantu Bitcoin dalam memanfaatkan berbagai aspek DeFi.

Prediksi Harga ADA: Indikator Menunjukkan Penurunan

Saat ini, harga Cardano adalah US$0,34, menunjukkan penurunan 10% dalam 30 hari terakhir. Di sisi lain, harga Bitcoin naik 7% dalam periode yang sama.

Pada grafik harian, Chaikin Money Flow (CMF) telah turun ke wilayah negatif. CMF adalah osilator teknis yang mengukur tingkat akumulasi atau distribusi dalam pasar.

CMF yang meningkat menunjukkan akumulasi yang kuat, sementara pembacaan yang rendah menunjukkan distribusi yang meningkat. Mengingat kondisi ADA saat ini, harga bisa berpotensi turun ke US$0,31 dalam jangka pendek.

Baca Juga: Prediksi Harga Cardano (ADA) 2024/2025/2030

Analisis harga Cardano
Analisis Harga Harian Cardano | Sumber: TradingView

Dalam skenario yang sangat bearish, harga bahkan mungkin turun ke US$0,28. Namun, jika harga Bitcoin naik menjadi US$70,000, ini bisa memicu pemulihan untuk ADA, yang mungkin memungkinkannya naik ke US$0,41.

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.
Selain itu, sebagian artikel di situs ini merupakan hasil terjemahan AI dari versi asli BeInCrypto yang berbahasa Inggris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *