Bitcoin dan Altcoins Mengincar Kuartal Ke-4 yang Parabolik dengan Stimulus China Sebesar US$278 Miliar


Likuiditas diproyeksikan akan meningkat di pasar aset kripto pada kuartal keempat tahun ini, menciptakan lingkungan yang menguntungkan untuk potensi reli parabolik pada Bitcoin (BTC) dan altcoin. Influx modal ini bisa mendorong harga lebih tinggi karena investor berusaha memanfaatkan momentum yang diantisipasi.

Hari ini, harga Bitcoin melonjak melewati US$65.000, menandai tonggak penting. Namun, menurut laporan terbaru, kenaikan ini baru permulaan dari ledakan harga yang berpotensi besar. Lonjakan yang diantisipasi kemungkinan didorong oleh kembalinya investor ritel dan masuknya miliaran dolar dari pasar Tiongkok.

Modal Lebih Banyak Berarti Potensi Lebih Besar untuk Bitcoin dan Altcoin

Lompatan harga Bitcoin baru-baru ini bisa diatributkan pada pemotongan suku bunga Fed sebesar 50 basis poin awal bulan ini. Namun, aset kripto nomor satu ini bukan satu-satunya yang mendapat manfaat dari keputusan tersebut.

Sejak pemotongan suku bunga, altcoin, yang mengalami tren menurun selama dua kuartal terakhir, kini menikmati reli yang signifikan. Meskipun kondisi pasar telah membaik, 10x Research yang dipimpin oleh analis Markus Thielen, percaya keuntungan terbaru tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan apa yang akan datang di Q4.

“Altcoin sedang meledak. Peningkatan lebih lanjut tampaknya mungkin terjadi seiring percepatan pencetakan stablecoin dan broker OTC Tiongkok melaporkan miliaran dolar masuk. Dengan Bitcoin menembus di atas US$65.000, kami mengantisipasi gerakan cepat menuju US$70.000, diikuti oleh rekor tertinggi baru dalam waktu dekat,” Thielen komentar dalam laporan 26 September.

Sementara dominasi Bitcoin telah menurun, total kapitalisasi pasar altcoin telah meningkat 15% sejak 17 September.

Kapitalisasi Pasar Altcoin
Kapitalisasi Pasar Altcoin. Sumber: TradingView

Namun, penurunan dominasi BTC tidak berarti bahwa harga koin akan terus menurun. Dalam laporan 10x Research, Theieln menyebutkan bahwa Bitcoin bisa mendapatkan keuntungan dari suntikan modal baru sebesar US$278 miliar dari pasar Tiongkok di Q4.

“Rencana stimulus Tiongkok sebesar US$278 miliar bisa memicu reli parabolik dalam harga aset kripto, didorong oleh peningkatan likuiditas global,” laporan itu terang.

Jika itu terjadi, maka harga Bitcoin bisa mencapai US$70.000 sebelum Oktober, yang populer disebut “Uptober,” berakhir. Twist menarik lainnya adalah peningkatan partisipasi investor ritel.

Sepanjang tahun ini, investor ritel telah berada di pinggir lapangan sementara investor institusional telah mendorong harga BTC ke rekor tertinggi (ATH). Namun, saat ini, hal-hal telah berubah karena alamat ritel ke institusional telah meningkat.

Baca lebih lanjut: 10 Bursa Altcoin Terbaik di 2024

Investor ritel Bitcoin kembali
Rasio Alamat Ritel ke Institusional Bitcoin. Sumber: MacroMicro

Kembalinya Ritel dan Institusi Dapat Bertaruh Lebih Banyak

Peningkatan ini bermanfaat tidak hanya untuk Bitcoin tetapi juga untuk altcoin. Misalnya, harga altcoin seperti Shiba Inu (SHIB) telah naik 41% dalam tujuh hari terakhir. Harga SEI telah melonjak sebesar 31%, begitu pula — Wormhole (W).

Menariknya, 10x Research juga setuju, mencatat bahwa gerakan ini tampaknya dimulai dari Korea Selatan. Dengan perkembangan ini, sepertinya likuiditas Tiongkok sebesar US$278, bersama dengan partisipasi pasar yang signifikan dari kawasan Asia, bisa memainkan peran besar dalam lonjakan yang diproyeksikan untuk sisa tahun ini.

“Aktivitas perdagangan aset kripto ritel di Korea Selatan mendukung tren ini, dengan volume perdagangan harian kini berkisar sekitar US$2 miliar. Meskipun masih di bawah angka mengejutkan US$13 miliar yang terlihat pada awal Maret 2024 — ketika volume aset kripto dua kali lipat dari pasar saham lokal, dan Shiba Inu, yang diperdagangkan di Korea, sendiri mencapai hampir 40% dari volume pasar saham — altcoin telah mendominasi perdagangan dalam minggu terakhir, melampaui Bitcoin,” tulis 10x Research.

Selain itu, Bitcoin telah mencatat penurunan dalam volatilitas yang direalisasikan 30 hari. Penurunan ini berarti bahwa investor institusional dapat meningkatkan ukuran posisi mereka, yang pada akhirnya akan membawa BTC dan pasar yang lebih luas ke nilai yang lebih tinggi.

Volatilitas yang Direalisasikan Bitcoin
Volatilitas yang Direalisasikan 30 Hari Bitcoin. Sumber: 10x Research

Prediksi Harga BTC: Jelas Ini adalah Siklus Bullish

Dari sudut pandang teknis, Bitcoin akhirnya berhasil menembus saluran menurun. Sejak Juli, pola bearish ini telah menghambat koin tersebut dari naik melebihi US$65.000.

Namun, dengan dukungan di US$62.825, BTC berhasil menembus wilayah tersebut. Menurut grafik harian, harga Bitcoin kini mungkin menghadapi resistensi di US$68.253, yang merupakan titik minat utama. Menembus hambatan ini bisa menjadi krusial untuk naik menuju US$73.095.

Jika itu terjadi, maka BTC mungkin mencapai ATH baru sebelum Q4 berakhir, dengan target potensial mulai dari US$76.075.

Baca lebih lanjut: Cara Membeli Bitcoin (BTC) dan Semua yang Perlu Anda Ketahui

Analisis Harga Harian Bitcoin
Analisis Harga Harian Bitcoin. Sumber: TradingView

Namun, penolakan di US$68.253 bisa membatalkan prediksi ini. Jika itu terjadi dan likuiditas pasar aset kripto gagal meningkat, harga Bitcoin mungkin turun ke US$58.188.

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.
Selain itu, sebagian artikel di situs ini merupakan hasil terjemahan AI dari versi asli BeInCrypto yang berbahasa Inggris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *