Aksi FTX Bisa Pengaruhi Harga Solana ke Depan, Ini Alasannya


Harga Solana menghadapi tekanan harga lebih lanjut karena alamat staking SOL yang terkait dengan FTX/Alameda menebus 178.631 SOL, nilainya sekitar US$28 juta.

Jika sebagian besar SOL yang ditebus tersebut dijual di crypto exchange, nilai altcoin ini berisiko merosot dua digit. Pertanyaan utamanya adalah, seberapa cepat ini akan terjadi?

Solana Terancam saat FTX Bergerak

Pada hari Selasa (15/10) pagi, alamat staking SOL milik FTX/Alameda menebus 178.631 koin SOL dengan nilai lebih dari US$128 juta pada harga pasar saat ini.

Menurut Solscan, ini adalah penebusan terbaru dalam rangkaian penebusan rutin dan transfer SOL dari alamat ini. Sekitar 170.000 SOL ditebus dan dipindahkan setiap bulannya antara tanggal 12 hingga 15.

FTX/Alameda Staking Address Activity
Aktivitas Alamat Staking FTX/Alameda | Sumber: Solscan

SOL yang baru saja ditebus kemungkinan akan masuk ke crypto exchange seperti Coinbase atau Binance untuk dijual. Ini terutama setelah seorang hakim Delaware menyetujui rencana reorganisasi FTX, yang mengalokasikan lebih dari US$14 miliar untuk pembayaran kepada pelanggan dari crypto exchange yang bangkrut. Jika ini terjadi, harga SOL bisa mengalami penurunan sementara dalam waktu dekat.

Namun, para trader mungkin bisa merasa sedikit lebih tenang karena SOL saat ini mendapat dukungan dari tren pasar yang sedang naik. Altcoin ini tengah diperdagangkan di angka US$154,56 pada waktu publikasi, mencatatkan kenaikan harga 8% dalam seminggu terakhir. SOL kini memancarkan kecenderungan bullish, yang didukung oleh indikator Parabolic Stop and Reverse (SAR).

Solana Parabolic Stop and Reverse
Solana Parabolic Stop and Reverse | Sumber: TradingView

Indikator ini mengidentifikasi arah tren aset dan potensi titik reversal. Titik-titik SAR berada di atas harga Solana saat ini. Artinya, altcoin ini sedang berada dalam tren naik. Trader biasanya menafsirkan ini sebagai sinyal untuk HODL atau membuka posisi long.

Relative Strength Index (RSI) Solana turut mendukung prospek bullish ini. Dengan angka 59,51, RSI SOL, yang mengukur kondisi pasar overbought dan oversold, menunjukkan bahwa Solana sedang menguat dan dalam tren bullish.

SOLANA RSI
Solana RSI | Sumber: TradingView

Prediksi Harga SOL: Semua Tergantung pada FTX

Solana saat ini diperdagangkan di angka US$155,18, mendekati level resistance di US$159,77. Jika momentum bullish ini berlanjut, harga bisa menembus level tersebut dan menuju US$186,29, level tertinggi yang terakhir kali terlihat bulan Juli lalu.

sol price prediction
Analisis Harga Solana | Sumber: TradingView

Kendati begitu, Solana berisiko kehilangan reli terbarunya seumpama FTX mulai melikuidasi token yang telah ditebus tanpa adanya permintaan yang cukup untuk mengimbangi lonjakan pasokan. Drop sebesar 15% dapat menyeret harga turun ke level support di US$131,04.

Jika level support ini gagal bertahan, harga Solana bisa turun lebih jauh, hingga mencapai US$109,55.

Bagaimana pendapat Anda tentang proyeksi harga Solana (SOL) ke depan imbas manuver FTX? Yuk, sampaikan pendapat Anda di grup Telegram kami. Jangan lupa follow akun Instagram dan Twitter BeInCrypto Indonesia, agar Anda tetap update dengan informasi terkini seputar dunia kripto!

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.
Selain itu, sebagian artikel di situs ini merupakan hasil terjemahan AI dari versi asli BeInCrypto yang berbahasa Inggris.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *