Masyarakat China tinggalkan mobil Jerman dan lebih pilih merek lokal


Jakarta (ANTARA) – Selama bertahun-tahun, produsen mobil Jerman mengandalkan kesuksesan di China untuk menghasilkan keuntungan besar dan mendorong pertumbuhan perusahaan, namun kini merek-merek barat berjuang untuk membuat pembeli tetap tertarik sambil bergulat dengan pangsa pasar yang menyusut dan perkiraan penjualan yang suram.

 

Angka penjualan untuk kuartal terakhir melukiskan gambaran yang suram.

Penjualan BMW di China turun 30 persen, Porsche turun 19 persen, VW turun 15 persen dan pengiriman Mercedes turun 13 persen, lapor Carscoops, Sabtu (19/10).

Baca juga: China diprediksi akan balas kebijakan AS “batasi” EV China

 

Ini bukan berarti para pengemudi di China tidak ingin membeli mobil. Mereka hanya tidak ingin membeli mobil Jerman, dan lebih memilih untuk membelanjakan uang mereka untuk membeli alternatif yang lebih baru dan berteknologi tinggi, dan yang terpenting, alternatif yang lebih terjangkau dari para produsen mobil China yang berkembang pesat.

Meskipun mobil Jerman masih menyumbang 15 persen dari penjualan di China, pangsa pasarnya turun, dan dengan cepat.

Sebelum pandemi COVID-19, mereka memiliki 25 persen pangsa pasar. Ketika berbicara tentang mobil listrik, sektor yang jauh lebih besar di China daripada di Amerika Serikat (AS) atau Eropa, VW, Porsche, BMW, dan Mercedes bahkan lebih jauh tertinggal.

Meskipun keempat merek tersebut menawarkan mobil listrik, model-model mereka hanya menguasai 10 persen pasar.

Baca juga: Porsche pantau persaingan mobil listrik China

Mengapa terjadi pergeseran?

 

Pembeli China yang telah beralih dari merek Jerman mengatakan bahwa mobil domestik dibuat dengan lebih baik dan memiliki lebih banyak fitur. Mereka juga jauh lebih murah untuk dibeli, namun menawarkan kinerja yang mirip, atau dalam beberapa kasus jauh lebih unggul daripada model Eropa.

Ini adalah pukulan yang tidak dapat diperbaiki dengan mudah oleh kampanye pemasaran atau humas yang apik.

Bersaing dengan BYD, Xpeng dan Nio terlihat seperti tugas yang mustahil, tetapi merek-merek Jerman tidak memiliki alternatif lain.

Pasar Eropa dan Amerika tidak menawarkan potensi pertumbuhan lebih lanjut dan beberapa produsen mobil telah berinvestasi terlalu banyak dalam hal fasilitas produksi – yang dibangun di atas tanah milik negara – untuk dapat menarik diri meskipun mereka menginginkannya.

Jerman sedang menggandakan diri. Mereka menjalin hubungan dengan perusahaan-perusahaan China yang dapat membantu membuat mobil listrik mereka lebih baik, dan mengembangkan produk baru khusus China yang lebih murah untuk dibuat dan dibeli.

Baca juga: Hambatan tarif tak surutkan produsen mobil China lanjut pengembangan

Baca juga: Penjualan Tesla di California turun di tengah sengitnya persaingan

 

Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *