Spesifikasi mobil Prabowo menuju pelantikan


Jakarta (ANTARA) – Presiden terpilih Prabowo Subianto terpantau berangkat menuju pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di Kompleks Parlemen DPR/MPR menggunakan mobil dinas Toyota Alphard nomor 1-00 dengan logo Kementerian Pertahanan pada Minggu (20/10).

Sebelumnya, Prabowo Subianto mendatangi kediaman pribadinya di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan pada pukul 07:50 WIB menggunakan kendaraan yang sama.

Presiden terpilih Indonesia periode 2024-2029 itu tampak menggunakan mobil Toyota Alphard berwarna putih yang sering digunakan sehari-hari Prabowo ketika menjabat menjadi Menteri Pertahanan.

Baca juga: Prabowo berangkat ke pelantikan Presiden gunakan mobil dinas Kemenhan

Adapun Toyota Alphard saat ini tersedia dalam beberapa varian, salah satunya bertenaga hybrid (HEV). Merangkum informasi di situs web Toyota pada akhir Agustus 2023, Alphard generasi ke-4 ini tersedia dalam 5 pilihan varian dengan rincian sebagai berikut.

  • Alphard 2.5 X – Rp1,356 miliar
  • Alphard 2.5 X Premium Color – Rp1,359 miliar
  • Alphard 2.5 G – Rp1,578 miliar
  • Alphard 2.5 HEV – Rp1,657 miliar
  • Alphard 2.5 HEV Premium Color – Rp1,66 miliar

Untuk diketahui, beberapa varian bersifat spot order, yakni mobil bakal diproduksi setelah ada permintaan dari konsumen. Varian dengan status seperti itu meliputi Alphard 2.5 X dan Alphard 2.5 X Premium Color.

Baca juga: Mercedes suplai 60 unit mobil dukung pelantikan Prabowo-Gibran

Untuk varian X dan G, mobil ini dibekali tipe mesin 2AR-FE (2.5 Gas) berkapasitas 2.500 cc. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga maksimum 179,5 hp dan torsi maksimum 235 Nm.

Varian tersebut memiliki ukuran panjang 5.010 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.945 mm, dengan wheelbase 3.000 mm.

Varian dengan mesin hybrid atau HEV memiliki tenaga dan torsi maksimum yang lebih besar dibandingkan varian mesin bensin.

Bermesin A25A-FXS (2.5 HEV), Alphard 2.5 HEV juga memiliki kapasitas mesin 2.500 cc, namun mesin hybrid-nya mampu menghasilkan tenaga maksimum 187,4 hp dengan torsi maksimum 239 Nm.

Baca juga: Makna balutan busana adat Ujung Serong di pelantikan Prabowo-Gibran

Ukuran bodi tetap sama dengan varian bensin, namun varian hybrid memiliki ukuran roda yang lebih besar dari varian bensin, yakni menggunakan ukuran 225/55 R19 dibandingkan 225/65 R17.

Sedangkan semua varian yang tersedia menggunakan transmisi jenis Continuously Variable Transmission (CVT).

Secara garis besar desain eksterior Alphard generasi terbaru masih mempertahankan siluet bodi berbentuk boxy yang sudah menjadi ciri khas model ini sejak dulu.

Namun, tentunya terdapat beberapa perbedaan, seperti halnya desain gril dengan pola diamond cut yang tampak lebih besar. Pola senada juga digunakan untuk lampu sein yang berada di bawah lampu depannya.

Sebagai model premium, Alphard tentunya dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan dari Toyota, salah satunya teknologi keselamatan aktif Toyota Safety Sense (TSS).

Baca juga: Inul Daratista ucapkan selamat kepada Presiden dan Wapres baru

Fitur TTS pada Alphard meliputi Lane Departure Alert (LDA), Lane Tracing Assist, Adaptive High Beam (AHM), Dynamic Radar Cruise Control, dan Pre-Collision System (PCS).

Varian Alphard 2.5 G dan Alphard 2.5 HEV memiliki fitur yang setara lengkapnya. Kedua varian tersebut sama-sama memiliki pengaturan setir elektrik, moonroof, E-Mirror, dan Dual AC untuk sistem pendingin penumpang di belakang.

Adapun soal harga, Toyota Alphard ini dilego kisaran Rp1,3 miliar hingga 1,7 miliar.

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka telah mengucapkan sumpah jabatan sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia masa bakti 2024 – 2029 dalam Sidang Paripurna MPR RI di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu.

Sebanyak 732 anggota MPR RI menyaksikan prosesi pengucapan sumpah jabatan tersebut. Sidang Paripurna MPR RI itu juga dihadiri para tokoh nasional, pimpinan partai politik, dan perwakilan negara sahabat.

Baca juga: Melly Goeslaw hadiri acara pelantikan Presiden-Wapres

Baca juga: Jokowi kembali ke Istana Merdeka untuk sambut Prabowo

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *