IMF Menggunakan Nada Lebih Ringan, Mendesak El Salvador untuk Mengurangi Dukungan terhadap Bitcoin


Dana Moneter Internasional (IMF) telah menyarankan agar El Salvador mengurangi dukungan pemerintah untuk Bitcoin. Ini adalah sikap yang lebih lunak dibandingkan upaya sebelumnya untuk mencabut undang-undang Bitcoin negara tersebut.

Namun, Presiden Nayib Bukele tampaknya tetap berkomitmen pada Bitcoinisasi.

Bitcoin dan El Salvador

Berdasarkan laporan terbaru dari Forbes, Dana Moneter Internasional (IMF) mencoba taktik baru dengan El Salvador: jika tidak mencabut status Bitcoin sebagai mata uang legal, sebaiknya mengurangi dukungan hukum untuk Bitcoin. IMF telah menjadi musuh tak kenal ampun dari proyek Bitcoin El Salvador sejak Bukele menyatakan sebagai alat pembayaran yang sah pada tahun 2021.

“Yang kami rekomendasikan adalah mempersempit ruang lingkup undang-undang bitcoin, memperkuat kerangka regulasi dan pengawasan ekosistem bitcoin, dan membatasi paparan sektor publik terhadap bitcoin,” ucap juru bicara IMF Julie Kozack melalui konferensi pers.

Baca lebih lanjut: 9 Negara Ramah Kripto untuk Investor Aset Digital

Sebelum Bukele melegalkan Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah di El Salvador, satu-satunya mata uang negara tersebut adalah dolar AS. Bukele secara eksplisit menggambarkan langkah menuju mata uang terdesentralisasi ini sebagai upaya untuk memperoleh kedaulatan nasional dan kemandirian ekonomi. IMF telah mencoba berbagai taktik untuk membatalkan legislasi ini, seperti menurunkan nilai obligasi Salvador, tetapi nada mereka mungkin berubah.

Bukele memenangkan pemilihan kembali pada Juni tahun ini, berjanji akan “transformasi ekonomi” melalui Bitcoin. Di periode kedua ini, ia memulai proyek ambisius untuk mengintegrasikannya ke dalam ekonomi. Selain itu, sejak terpilih kembali, IMF tampak lebih lunak dalam pendekatannya, dan pernyataan hari ini tampaknya melanjutkan tren tersebut.

Sederhananya, berkat keberhasilan Bukele, kucing telah keluar dari tas. El Salvador telah mengakumulasi cadangan Bitcoin yang substansial, dan analisis Forbes terhadap anggaran negara tahun 2025 menunjukkan bahwa negara tersebut tidak akan memerlukan pinjaman dari IMF. Rekonsiliasi kecil sekarang mungkin adalah kesempatan terbaik IMF untuk membangun kembali hubungan kerja dengan negara tersebut.

El Salvador Bitcoin Supply
Cadangan Bitcoin El Salvador. Sumber: Situs Pemerintah Salvador

Baca lebih lanjut: Prediksi Harga Bitcoin (BTC) 2024/2025/2030

Insentif IMF tidak sejalan dengan El Salvador, dan El Salvador harus menempuh jalannya sendiri, independen dari kepentingan IMF. “Langkah sangat menguntungkan untuk menentang saran mereka sebelumnya tentang Bitcoin,” ujar John Dennehy, pendiri NGO Salvadoran Mi Primer Bitcoin.

Sepertinya tidak mungkin Bukele akan menerima cabang zaitun ini. Pemilihan kembali beliau adalah pencapaian politik yang besar, dan beliau memiliki berbagai rencana untuk melanjutkan Bitcoinisasi negara. El Salvador telah sampai sejauh ini dengan mengabaikan lembaga keuangan, dan tidak ada alasan untuk berhenti sekarang. Bitcoin berkinerja baik, dan masa depan tampak cerah.

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.
Selain itu, sebagian artikel di situs ini merupakan hasil terjemahan AI dari versi asli BeInCrypto yang berbahasa Inggris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *