Trader Aset Kripto Bersiap Menghadapi Volatilitas Jangka Pendek dengan Opsi Senilai US$1,4 Miliar yang Berakhir Hari Ini


Pasar aset kripto sedang bersiap untuk volatilitas jangka pendek, dengan opsi Bitcoin dan Ethereum senilai kira-kira US$1,4 miliar yang akan kedaluwarsa hari ini.

Dengan opsi Bitcoin yang totalnya mencapai nilai nominal US$1,066 miliar dan opsi Ethereum sebesar US$284,99 juta, para trader memperhatikan kedaluwarsa ini karena potensi dampaknya terhadap harga.

Analis Prediksi Goncangan Pasar di Tengah Kedaluwarsa Opsi

Data di Deribit menunjukkan 17.448 kontrak opsi Bitcoin akan kedaluwarsa pada 4 Oktober. Kontrak-kontrak ini memiliki rasio put-to-call sebesar 0,75 dan titik sakit maksimal sebesar US$63.000.

Expiring Bitcoin Options
Opsi Bitcoin yang Kedaluwarsa, Sumber: Deribit

Sementara itu, pasar opsi Ethereum akan kedaluwarsa dengan 119.599 kontrak. Kontrak Ethereum yang kedaluwarsa hari ini memiliki rasio put-to-call sebesar 0,68, dengan titik sakit maksimal sebesar US$2.500.

Baca lebih lanjut: Pengenalan Perdagangan Opsi Kripto

Expiring Ethereum Options
Opsi Ethereum yang Kedaluwarsa, Sumber: Deribit

Dalam perdagangan opsi, rasio put-to-call adalah indikator sentimen yang membandingkan jumlah opsi put yang diperdagangkan dengan jumlah opsi call yang diperdagangkan. Dengan rasio put-to-call sebesar 0,75, Bitcoin dalam hal ini menunjukkan bahwa lebih banyak opsi call yang diperdagangkan dibandingkan dengan opsi put. Ini menunjukkan sentimen bullish di pasar.

Di sisi lain, rasio put-to-call sebesar 0,68 untuk Ethereum juga menunjukkan sentimen bullish, karena masih menunjukkan lebih banyak call yang diperdagangkan daripada put.

Untuk orang awam, rasio put-to-call di bawah 1 biasanya menunjukkan sentimen bullish, karena lebih banyak investor yang bertaruh pada potensi kenaikan pasar. Sebaliknya, rasio put-to-call di atas 1 biasanya menunjukkan sentimen bearish, karena lebih banyak investor yang melakukan hedging atau spekulasi pada potensi penurunan pasar.

Implikasi Harga Berdasarkan Titik Sakit Maksimal BTC dan ETH

Harga pasar saat ini untuk Bitcoin dan Ethereum berada di bawah titik sakit maksimal mereka masing-masing. BTC diperdagangkan di US$61.209 dan ETH di US$2.381. Ini menunjukkan bahwa jika opsi kedaluwarsa pada level ini, umumnya akan menandakan keuntungan bagi pemegang opsi.

Hasil bagi para trader opsi bisa sangat bervariasi tergantung pada harga strike spesifik dan posisi yang mereka pegang. Untuk menilai potensi keuntungan atau kerugian saat kedaluwarsa secara akurat, trader harus mempertimbangkan seluruh posisi opsi mereka, bersama dengan kondisi pasar saat ini.

Analis di Greeks.live menyarankan bahwa faktor pasar tambahan bisa muncul, mempengaruhi tren keseluruhan dan mempengaruhi keputusan trader. Oleh karena itu, evaluasi menyeluruh sangat penting sebelum menyimpulkan tentang perdagangan opsi.

“Tingkat pengangguran hari Jumat dan data non-farm payrolls, dan sekarang pasar saham A-share dibandingkan dengan pasar saham AS jauh kurang menguntungkan. Namun, pasar aset kripto lebih terhubung dengan saham AS, dan satu-satunya hubungan antara A-share dan kripto mungkin adalah banyak orang yang keluar dari emas spekulasi di saham, menurunkan harga mata uang fiat,” mereka tulis.

Analis juga mengatakan pasar kripto memasuki fase goncangan sebelum apa yang secara historis merupakan bulan bullish. Goncangan adalah ketika tangan-tangan yang “lemah” dipicu untuk menjual berdasarkan kondisi pasar yang menakutkan. Ketegangan geopolitik bisa memperburuk penjualan, yang terus meningkat.

“Hari ini akan menjadi hari besar. Data pekerjaan yang sangat penting akan masuk dalam 7 jam ke depan, yang akan sangat mempengaruhi pasar saham AS. Kita bisa mendapatkan pompa super atau penurunan berat. Israel berencana melancarkan serangan balasan ke Iran hari ini. Bitcoin perlu bertahan di US$60.000 untuk pantulan tetapi jika US$60.000 pecah kita bisa melihat penurunan cepat ke US$56.000-US$57.000. Strategi terbaik adalah mempertahankan posisi Anda dan tidak tergoncang,” analis Ash Crypto sarankan.

Sementara itu, pasar kripto tetap secara halus optimis di tengah data ekonomi AS yang bullish. Keputusan Federal Reserve untuk memotong suku bunga di tengah inflasi yang mereda menginspirasi optimisme untuk aset berisiko. Ekonom memperkirakan lebih banyak pemotongan suku bunga pada tahun 2024, tetapi ini masih harus dilihat. Ini karena Fed terus menjalankan mandat gandanya—untuk mencapai kesempatan kerja maksimal dan menjaga stabilitas harga.

Baca lebih lanjut: 9 Platform Perdagangan Opsi Kripto Terbaik

Oleh karena itu, para trader disarankan untuk tetap berhati-hati, karena secara historis, kedaluwarsa opsi sering kali menyebabkan ketidakstabilan jangka pendek di pasar. Akhir pekan juga akan sangat penting karena sering kali ditandai dengan volatilitas tinggi.

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.
Selain itu, sebagian artikel di situs ini merupakan hasil terjemahan AI dari versi asli BeInCrypto yang berbahasa Inggris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *