Uptober Berubah Pahit bagi Trader Ethereum (ETH) dengan Kerugian US$96 Juta


Ketegangan yang meningkat di Timur Tengah memicu penurunan tajam di pasar aset kripto pada hari Selasa. Volatilitas ini mengakibatkan likuidasi lebih dari US$500 juta dalam posisi. Altcoin terkemuka Ethereum (ETH) terutama terpengaruh, dengan para trader long mengalami kerugian yang signifikan.

Indikator teknis menunjukkan bahwa penurunan ini telah mendorong para bear untuk mengambil kendali pasar — dan mereka mungkin berhasil. Apakah Oktober dimulai dengan tidak stabil?

Trader Long Ethereum Menghitung Kerugian Mereka

Pada hari Senin, harga Ethereum turun menjadi US$2.447, level terendah yang tercatat sepuluh hari yang lalu. Penurunan tak terduga ini mengakibatkan likuidasi banyak perdagangan long yang telah dibuka mengharapkan kenaikan harga terus menerus.

Ketika nilai aset bergerak melawan posisi trader, bursa secara paksa menutup posisi karena dana yang tidak cukup untuk mempertahankannya, menghasilkan likuidasi. Likuidasi long terjadi ketika trader dengan posisi long harus menjual aset dengan harga lebih rendah untuk menutupi kerugian mereka saat harga turun.

Hal ini biasanya terjadi ketika harga aset turun di bawah level tertentu, memaksa trader yang bertaruh pada kenaikan harga untuk keluar dari pasar. Menurut data Coinglass, trader long ETH mengalami likuidasi sebesar US$96 juta pada hari Senin, mencatat likuidasi satu hari tertinggi dalam 57 hari.

Baca lebih lanjut: Bagaimana Cara Berinvestasi di ETF Ethereum?

ethereum long liquidations
Total Likuidasi Ethereum. Sumber: Coinglass

Terlepas dari kerugian baru-baru ini, trader futures ETH terus membuka lebih banyak posisi long. Tingkat pendanaan koin — biaya periodik yang dibayarkan untuk menjaga harga kontraknya sejalan dengan harga spotnya — tetap positif, menandakan permintaan yang lebih kuat untuk posisi long daripada short.

Saat ini, tingkat pendanaan berada pada 0,0052%, mencerminkan optimisme yang berkelanjutan di antara trader futures ETH.

eth funding rate
Tingkat Pendanaan Ethereum. Sumber: Coinglass

Prediksi Harga ETH: Trader Spot Merasa Takut

Setup teknis Ethereum menunjukkan bahwa trader spotnya telah mengadopsi pendekatan yang berbeda, karena pembacaan dari grafik harian koin menunjukkan bahwa para bear telah mendapatkan kembali kendali pasar.

Misalnya, Indeks Elder-Ray-nya, yang mengukur hubungan antara kekuatan pembeli dan penjual, telah berubah negatif untuk pertama kalinya sejak 11 September. Ketika indikator ini negatif, kekuatan bear mendominasi pasar.

Lebih lanjut, menurut indikator konvergensi/divergensi rata-rata bergerak (MACD) ETH, garis MACD-nya (biru) telah melintasi di bawah garis sinyalnya (oranye) dan siap untuk turun lebih lanjut. Setup ini menunjukkan pandangan bearish, menandakan bahwa momentum bergeser ke bawah dan penurunan harga lebih lanjut kemungkinan terjadi.

Baca lebih lanjut: Prediksi Harga Ethereum (ETH) 2024/2025/2030

ethereum price prediction
Analisis Harga Ethereum. Sumber: TradingView

Jika tekanan jual meningkat, harga Ethereum bisa menguji kembali terendahnya pada 5 Agustus sebesar US$2.112. Ini merupakan penurunan 15% dari level saat ini.

Namun, jika tren pasar yang lebih luas membaik, para bull mungkin mendapatkan kembali kendali dan mendorong harga Ethereum menuju level resistensi di US$3.101.

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.
Selain itu, sebagian artikel di situs ini merupakan hasil terjemahan AI dari versi asli BeInCrypto yang berbahasa Inggris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *