Senator Lummis Mengkritik SEC, Ramalkan Goncangan Aset Kripto pada 2024


Senator Wyoming Cynthia Lummis mengkritik Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) dan ketuanya, Gary Gensler, seraya mendesak peningkatan regulasi kripto di negara tersebut.

Banyak orang dalam komunitas kripto juga telah menyatakan kekecewaan, menuduh Kongres secara tidak adil hanya menyalahkan SEC.

Senator Lummis Prediksi Gary Gensler Akan Mundur sebagai Ketua SEC

Berbicara di CNBC’s Squawk Box, Lummis menyampaikan bahwa Gensler mungkin akan mundur sebagai ketua SEC tahun depan, meskipun dia mengakui bahwa Gensler “mencintai pekerjaannya” dan mungkin tidak ingin pergi. Namun, dia menambahkan, skenario ini bisa berubah jika Wakil Presiden Kamala Harris memenangkan pemilihan November.

Lummis menyatakan ketidaksetujuannya terhadap Gensler, terutama karena kegagalannya mengakui Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH) sebagai komoditas. Dia juga menyiratkan bahwa aset kripto lain mungkin memenuhi syarat sebagai komoditas dan meminta pedoman regulasi yang lebih jelas.

“Kita perlu memiliki definisi yang jelas. Tes Howey tersedia bagi kita, dan seiring dengan pembaruannya, mungkin ada aset lain selain Bitcoin dan Ethereum yang memenuhi syarat untuk yurisdiksi Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas,” tambah Senator tersebut.

Baca lebih lanjut: Siapa Gary Gensler? Segala Hal yang Perlu Diketahui tentang Ketua SEC

Lummis menunjukkan kebutuhan akan regulasi kripto yang lebih jelas di AS, mengatakan hal itu akan memberikan kejelasan kepada perusahaan. Dia menyoroti pendekatan “sangat efektif” Uni Eropa terhadap regulasi kripto, mendesak AS agar tidak membiarkan negara lain mendahului.

Senator tersebut menyatakan kekhawatirannya bahwa SEC mengklaim memiliki semua alat yang diperlukan untuk regulasi, tetapi mengkritik cara penerapannya. Secara khusus, dia menunjuk strategi agensi “regulasi melalui penegakan,” yang telah menghasilkan banyak kasus pengadilan. Selain itu, dia berargumen bahwa penggunaan denda oleh SEC untuk mengatur industri adalah langkah yang salah arah.

“Anda bisa melakukan penipuan dengan kapal pesiar, dengan seni, dengan koin, dengan mineral. Bukan aset itu sendiri yang bersifat penipuan,” ucapnya.

Di sisi lain, Lummis setuju bahwa Kongres perlu mengatur kripto di negara tersebut dan tidak meninggalkan mandat penuh kepada SEC. Seorang jurnalis investigasi mengekspresikan sentimen ini, mengkritik Kongres karena mengabaikan tugasnya sendiri dan secara tidak adil menyalahkan SEC atas kebingungan regulasi di ruang kripto.

“Kongres, termasuk Lummis, seharusnya menulis aturan sejak awal! Sebaliknya, Gensler terjebak bermain wasit, membuat seluruh situasi tampak seperti permainan dodgeball tanpa buku aturan. Lummis sedang bekerja dengan Senator Gillibrand pada sebuah proposal — karena mungkin seseorang akhirnya menyadari bahwa Kongres harus berhenti menunjuk-nunjuk dan mulai menulis undang-undang,” tulis JungleIncXRP di sini.

Baca lebih lanjut: Regulasi Kripto: Apa Manfaat dan Kerugiannya?

Debat ini terjadi hanya beberapa hari setelah komisaris SEC tampil dalam sesi dua hari di depan komite DPR. Baik Kongres maupun Komite Perbankan Senat meninjau penanganan regulasi kripto oleh agensi.

Lummis tidak sendirian dalam menentang pendekatan SEC. Seperti dilaporkan BeInCrypto, 42 anggota Kongres juga meminta regulator sekuritas agar memperbolehkan bank menyimpan kripto.

Saat pemilihan di AS semakin dekat, masa depan Gary Gensler sebagai Ketua SEC tidak pasti. Donald Trump telah berjanji akan menghapusnya jika terpilih, sementara Kamala Harris sedikit memimpin perlombaan, menurut Polymarket.

Donald Trump versus Kamala Harris, Nasib Gary Gensler dipertaruhkan
Donald Trump versus Kamala Harris, Sumber: Polymarket

Meskipun ada seruan yang meningkat agar Gensler mundur dari komunitas kripto, Harris berpotensi menunjuknya sebagai Sekretaris Keuangan jika dia memenangkan kepresidenan.

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.
Selain itu, sebagian artikel di situs ini merupakan hasil terjemahan AI dari versi asli BeInCrypto yang berbahasa Inggris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *