Beberapa bisnis di China dilaporkan larang EV diparkir di basement


Jakarta (ANTARA) – Beberapa bisnis di China dilaporkan telah melarang pemilik kendaraan elektrik (Electric Vehicle/EV) memarkir kendaraan mereka di basement atau area parkir bawah tanah karena potensi risiko kebakaran dan keselamatan.

Drive pada Selasa mengutip unggahan pemilik akun X @whyoutouzhele pada 9 September 2024 yang menyebutkan bahwa sebagian pengelola hotel dan perkantoran di bagian wilayah China telah memasang rambu larangan memarkir EV di basement.

“Karena sering terjadi kecelakaan yang melibatkan kendaraan energi baru di Tiongkok, hotel dan gedung perkantoran di banyak tempat di Provinsi Zhejiang telah berhasil melarang kendaraan energi baru diparkir di garasi bawah tanah, yang telah menarik perhatian pihak luar,” demikian terjemahan dari unggahan berbahasa China tersebut.

Dalam unggahannya, pemilik akun @whyoutouzhele juga memperlihatkan foto papan peringatan dari pengelola Gedung Huigang di Kota Ningbo untuk meminta pemilik EV memarkir kendaraan di tempat parkir terpisah “dengan ruang yang lebih luas”.

Menurut siaran media massa China, keputusan untuk melarang mobil bertenaga baterai di beberapa area parkir bawah tanah dipengaruhi oleh laporan 11 kejadian kebakaran kendaraan listrik di Hangzhou, ibu kota Zhejiang, pada April dan Mei 2024.

“Berdasarkan karakteristik kebakaran kendaraan listrik dan kemampuan pemadaman kebakaran hotel kami, kami pikir akan lebih aman untuk tidak mengizinkan mereka masuk ke garasi bawah tanah,” kata seorang manajer keamanan hotel bintang lima di Hangzhou yang tidak mau namanya disebut kepada media lokal China.

Baca juga: Sedan elektrik Mercedes meledak di area parkir di Korea Selatan

Baca juga: Korea Selatan larang EV dengan baterai penuh parkir di basement

Xu Gang, seorang mekanik mobil yang bekerja di Hangzhou, menyampaikan bahwa ada banyak kasus kendaraan listrik terbakar secara spontan atau menyebabkan kebakaran besar dalam kejadian tabrakan dan kecelakaan.

“Banyak tempat parkir bawah tanah yang dirancang dengan langit-langit rendah, yang berarti mobil pemadam kebakaran tidak bisa masuk ke dalam,” kata Xu kepada Radio Free Asia, media massa lokal China.

Di Korea Selatan, pejabat pemerintah telah melarang kendaraan listrik dengan daya di atas 90 persen dibawa masuk ke tempat parkir bawah tanah setelah kebakaran EV menyebabkan kerusakan satu blok apartemen dan 140 mobil.

Baca juga: Porsche pantau persaingan mobil listrik China

Baca juga: China jadi negara pertama jual 1 juta kendaraan listrik per bulan

 

Pewarta:
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *