5 Makanan Berlemak yang Baik untuk Tubuh, Salah Satunya Telur



loading…

Lemak kerap dihindari, tetapi kita membutuhkannya. Salah satu yang terbaik adalah makan telur. Foto/ shutterstock

JAKARTA – Lemak mendapat reputasi buruk, tapi kita membutuhkannya untuk sejumlah proses dalam tubuh, termasuk penyerapan nutrisi, fungsi otak dan produksi hormon. Namun, tidak semua lemak diciptakan sama.

Lemak tidak sehat
Kebanyakan lemak jenuh, bila dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan kondisi kesehatan lainnya.

Lemak trans dianggap sebagai jenis lemak terburuk yang bisa Anda konsumsi. Lemak terhidrogenasi ini dapat ditemukan di banyak makanan olahan, termasuk makanan yang digoreng, beku, dan dipanggang. Beberapa margarin, serta makanan ringan kemasan dan makanan cepat saji pada umumnya, juga mengandung lemak trans.

Jadi, lemak mana yang menyehatkan?
Secara umum, ketika kita berbicara tentang lemak sehat yang kita maksud adalah lemak tak jenuh tunggal (MUFA) dan lemak tak jenuh ganda (PUFA).

Asam lemak tak jenuh ganda
Terkait PUFA, asam lemak omega-3 dan omega-6 adalah yang paling populer, dan memang tujuannya adalah ransum sehat di antara keduanya.

Omega-3 vs omega-6
Kebanyakan dari kita mendapatkan cukup omega-3 atau omega-6. Meskipun kedua asam lemak itu penting, rasio ini penting untuk mencegah sejumlah kondisi dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

Sekarang, mari kita lihat beberapa makanan sumber lemak sehat yang bisa Anda masukkan ke dalam makanan Anda.

1. Ikan
Ikan berlemak seperti salmon, sarden dan mackerel kaya akan asam lemak omega-3. Tuna juga merupakan pilihan bagus untuk menambahkan lemak sehat ke dalam makanan. Belum lagi semua ini merupakan sumber protein yang sangat baik.

2. Biji chia
Biji chia adalah cara terbaik untuk meningkatkan asupan asam alfa-linolenat Anda. Satu porsi 1 ons (28,35 g) mengandung 8,5 g lemak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *